PLN Rekrut 5.558 Pegawai Baru


Rabu, 27 April 2016 - 15:40:24 WIB

JAKARTA, HALUAN—Lebih dari 50.000 orang mendaftar untuk menjadi pegawai PT PLN (persero) sejak awal 2016. Sekitar 1.300 di antaranya telah berhasil lulus dan saat ini tengah mengikuti program diklat pra jabatan.

“Tahun ini kami merekrut sekitar 5.558 pegawai baru untuk bergabung bersama menerangi nusantara. Kami membutuhkan banyak bibit unggul lulusan mulai dari SMA/SMK, D3, S1 hingga S2 untuk bersama-sama PLN membangun Indonesia lebih baik,” kata Manajer Senior Public Relations Agung Murdifi dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (26/4).

“Kami senang melihat banyaknya lulusan-lulusan muda berkualitas ini berbondong-bondong melamar ke PLN, karena saat ini PLN tengah mengerjakan proyek 35.000 MW, sehingga membutuhkan kuantitas dan kualitas SDM yang memadai,” kata Agung.

Seluruh pelamar akan me­ngikuti serangkaian tahapan tes mulai dari seleksi administrasi, tes akademis dan bahasa Inggris, tes IQ, psikotes, tes kesehatan, serta wawancara. Tahun ini, PLN juga memperkenalkan metode tes IQ dengan mekanisme Com­puterized Adaptive Testing atau yang lebih dikenal dengan CAT.

Mekanisme ini dikem­bang­kan oleh Assesment Center PLN­ yang berada di bawah unit PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat). CAT atau yang dibe­ri nama Test Adaptive PLN atau TAP akan dilakukan oleh PLN pertama kali pada 27-29 April 2016 di Kampus Politeknik Bandung (Polban).

Selain upaya untuk menam­bah kuantitas pegawainya, PLN juga terusmeningkatkan kualitas pegawai yang sudah ada saat ini melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, mulai dari pendidikan internal maupun melibatkan pihak eksternal, magang, serta kesempatan untuk mengenyam bangku pendidikan S2.

“Kami juga menyeleng­gara­kan kegiatan-kegiatan pening­katan kompetensi dan inovasi pegawai. Misalnya, dengan ke­giatan PLN Outlook, KNIFE (Knowledge, Norm,Innovation, Festival dan Exhibition), dan Olimpiade Bahasa Inggris,” tambah Agung.

Terkait pembukaan lowongan pekerjaan, PLN mengimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekrutmen. PLN tidak melakukan kores­pondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti selek­si yang diselenggarakan PLN.

Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi. Segala informasi re­krutmen PT PLN (Persero) dapat dilihat pada situs resmi pln.co.id.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang bergerak di bidang kelistrikkan di Indonesia, kesempatan ber­karier di PLN sangatlah luas. Proses bisnis yang digeluti PLN meliputi rentang bisnis dari hulu sampai hilir.

Mulai dari pembangkitan, transmisi hingga distribusi listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pen­dukungnya. Kinerja PLN juga didukung oleh 9 anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang antara lain, pembangkitan, tele­komunikasi, penyedia tenaga list­rik, perdagangan batu bara, jasa enji­nering, serta pelayaran. (rel/dtc)

 

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]