BPS Kerahkan 256 Petugas Sensus Ekonomi


Kamis, 28 April 2016 - 04:03:12 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Mulai 1 Mei hingga 31 Mei 2016, sebanyak 256 petugas Sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukittingi akan diterjunkan kelapangan untuk mendatangi rumah masyarakat guna melakukan pendataan perekonomian.

Untuk Bukittinggi, pendataan perdana akan dilakukan di Rumah Dinas Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi. Demikian diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukit­tinggi Faisal, SE ketika Dialog Interaktid Selamat Pagi Walikota bersama Radio Elsi FM, Selasa (26/04) di ruang kerja Asisten  II Setdako Bukittinggi.

Menurut Faisal, sensus yang dilak­sanakan BPS terbagi dalam tiga sensus seperti sensus Ekonomi, Sensus Pertanian dan Sensus Penduduk. Untuk sensus ekono­mi telah  dilaksanakan sejak tahun 1986 yang pelaksanaannya sekali 10 tahun seperti pada tahun 1986, 1996, 2006 dan sekarang 2016. Sementara sensus pertanian dilak­sanakan tiap sepuluh tahun sekali pada tahun berakhiran angka tiga dan sensus penduduk juga setiap sepuluh tahun sekali pada tahun berakhiran angka nol.

Sensus yang dilaksanakan untuk melihat langsung apakah hasil data survey selama ini benar atau tidak. Untuk tahun 2016 ini BPS Bukittinggi lewat bantuan RT, RW dan Kelurahan setempat telah menerima lama­ran sebanyak 458 orang untuk tenaga petugas sensus yang dimulai sejak bulan Februari lalu. Setelah dilakukan tes yang lulus adalah 256 petugas. Ke semua petugas itu telah diberikan pembekalan tanggal 04-22 April lalu di Hotel Denai untuk tiga gelombang.

Disamping itu petugas sensus juga telah dibekali dengan konsep dan definisi bagai­mana menggali informasi kepada respon­den, cara berkomunikasi dan cara mengisi kousioner. Petugas nantinya juga dibekali dengan Surat tugas dan tanda pengenal yang jelas. Selain itu ada topi dan rompi yang mudah dikenali. “Jika ada masalah atau curiga kepada petugas, masyarakat dapat menghubungi Sekretariat Sensus Ekonomi di Kantor BPS,” jelas Faisal. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 16:45:48 WIB

    BPSK Kota Pariaman Tangani Dua Sengketa Konsumen

    BPSK Kota Pariaman  Tangani Dua  Sengketa Konsumen PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pariaman sampai Jumat (24/1-2020) telah menerima dua laporan kasus sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha di daerah setempat..
  • Kamis, 03 November 2016 - 23:55:36 WIB

    BPSK Bantu Mediasi Konsumen yang Bersengketa

    SOLOK, HALUAN — Pemilik kendaraan ber­motor paling mendominasi mengadu pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Solok karena yang bersangkutan sering dirugikan oleh lembaga-lembaga leasing dalam memperoleh dan.
  • Senin, 11 April 2016 - 04:12:21 WIB

    BPSJ tak Miliki Izin Amdal

    BPSJ tak Miliki Izin Amdal SOLSEL,HALUAN—PT. Bi­na Pratama Sakato Jaya (BPSJ) telah beroperasi sejak satu tahun terakhir. Tapi selama beroperasi pab­rik pengolahan inti kelapa sawit (Carmel) milik BPSJ Solok Selatan (Solsel) tidak miliki izin Anali.
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:37:01 WIB

    BPSK Pasbar Dilantik

    BPSK Pasbar Dilantik PADANG TUJUAH, HALUAN — Guna memberikan kemudahan secara pelayanan teknis dan administratif, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Pasaman Barat, Ketua BPSK, Rabu (20/1) melantik Kepala dan Anggota Sekretar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]