Diskoperindag Ingatkan Pedagang dalam Menjual Makanan


Kamis, 28 April 2016 - 04:03:33 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN—Dinas Ko­perasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bukittinggi meng­imbau para pedagang untuk lebih cermat dan teliti dalam menjual beragam jenis makanan dan bahan pangan di pasaran.

Disamping itu pedagang juga diha­rapkan untuk tidak memperjualbelikan bahan pangan yang dicampur dengan bahan atau zat berbahaya yang dapat memba­hayakan kesehatan bagi warga yang meng­komsumsi jenis pangan dan makanan tersebut, karna dapat memicu timbulnya penyakit kanker dan sebagainya.

Himbauan tersebut disampaikan sehu­bungan dengan temuan hasil kegiatan pasar aman dari bahan berbahaya dan hasil pengujian yang dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 8 Desember 2015 oleh Petugas BB POM Padang bersama Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bukittingi terhadap beberapa sampel makanan/ minuman yang diper­dagangkan di kawasan Pasar Kota Bu­kittinggi.

Pasalnya, dari 200 sampel makanan yang diuji oleh  BPOM Padang beberapa waktu lalu, ditemukan 10 jenis  makanan yang dijual pedagang yang terindikasi meng­gunakan bahan berbahaya seperti Borax dan Rhodamin B di Bukittinggi.

“Berdasarkan laporan dari BPOM tersebut, maka Diskoperindag sudah me­nyam­paikan surat teguran secara langsung kepada pada 10 pedagang tersebut. Dis­koperindag juga telah mengingatkan para pedagang bahwa pengujian makanan oleh BPOM akan terus dilakukan secara berka­la,” ujar Kabid Perdagangan Disko­perndag Kota Bukittinggi, Alizar, Selasa (26/4).

Adapun10 sampel jenis makanan yeng terindikasi bahan berbahaya itu ujar Alizar, diantaranya, dalimo, kerupuk nasi, kerupuk tempe, mie, bakso tusuk, bolu kukus, onde-onde tusuk dan cincau yang mengandung bahan Borax dan Rhodamin.

Menurut Alizar, dari pengakuan para pedangang, mereka tidak tahu kalau jenis makanan yang mereka jual itu mengandung bahan berbahaya, karna makananan yang mereka jual tersebut makanan sudah jadi yang dibeli dari produsen yang bersang­kutan.

“Kemungkinan, pedagang tersebut tidak tahu bahan jenis apa yang digunakan oleh produsen. Sehingga pedagang langsung menjual makanan tersebut. Untuk itu kita imbau kepada pedagang untuk cermat dan teliti sekaligus memastikan kembali kea­manan dari bahan setengah jadi tersebut sebelum diolah dan dijual,” jelas Alizar.

Ia menambahkan, dalam melakukan pengawasan Diskoperindag bersama dinas yang terkait seperti Dinas Kesehatan Kota dan Badan Ketahanan Pangan secara berkala selalu berkoordinasi melakukan pengawasan ke lapangan.

Bila pedagang tidak tau terhadap  kandungan dan kea­manan dari bahan yang digunakan, makan pedagang dapat bertanya pada DKK. Selain itu, bagi pedagang yang menerima titipan makanan untuk dijual, diharapkan agar dapat memastikan makanan tersebut aman. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 23:42:59 WIB

    Antisipasi Covid-19, Diskoperindag Padang Pariaman Buat Wastafel

    Antisipasi Covid-19, Diskoperindag Padang Pariaman Buat Wastafel Diskoperindag Kopnaker Padang Pariaman dan BLK setempat terus berinovasi. Setelah produksi masker, kini ke produksi wastafel..
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 05:23:43 WIB

    Diskoperindag Bahas Penggunaan Produk Lokal

    PARIAMAN, HALUAN — Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Pariaman, Rabu 29 Juni 2016, melaksanakan Rapat Koordinasi untuk membahas penggunaan produk lokal se­kaligus mengkampanyekanya agar lebih menggeb.
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 04:37:11 WIB

    Diskoperindag Bina 20 Koperasi

    PARIAMAN, HALUAN — Sebanyak 20 Koperasi yang bergerak dalam usaha simpan pinjam di Kota Pariaman mendapat pem­binaan dari Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kota Pariaman, di ruang rapat kantor setempat Selasa (24/5)..
  • Jumat, 05 Februari 2016 - 23:50:18 WIB

    Diskoperindag Bantu Sepuluh Koperasi

    Diskoperindag Bantu Sepuluh Koperasi SOLSEL,HALUAN — Dinas Koperasi In­dustri dan Perda­ga­ngan Solok Selatan (Solsel) menyalurkan bantuan stimulan yang diperoleh dari Kementerian Pe­de­saan dan Daerah Ter­tinggal terhadap sepuluh koperasi yang ada di da.
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:31:55 WIB
    Hadapi MEA

    Diskoperindag Kembangkan Produk Daerah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Menghadapi Masyarakat Eko­nomi Asean (MEA), Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bukittinggi, terus beru­paya melakukan pengem­ba­ngan terhadap produk produk unggulan d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]