Atasi Kesemrawutan

Bekas Bioskop Gloria Dijadikan Gedung Parkir


Kamis, 28 April 2016 - 04:04:43 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Gedung bekas Bioskop Gloria Pasar Atas dalam waktu dekat akan difung­sikan menjadi gedung parkir untuk roda dua. Sebelum dimanfaatkan keberadaannya, Pemko Bukittinggi terlebih dahulu akan merenovasi keberadaan gedung tersebut.

Dialih fungsikannya Gedung eks Bioskop Gloria tersebut, menyusul adanya kesepa­katan dan telah keluarnya keputusan ingkrah bahwa Gedung eks Bioskop Gloria akan menjadi milik Pemko Bukittinggi. Melalui mediasi dan komunisasi secara kekeluargaan yang dilakukan Pemko dengan pengelola Bioskop, maka pengelola bersedia me­nyerahkan gedung itu kepada Pemko Bu­kittinggi.

“Kita bersyukur dan berterima kasih kepada pengelola Gedung eks Bioskop Gloria yang telah  bersedia menyerahkan Gedung Bioskop kepada Pemko Bukittinggi. Ini semua tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari beberapa pihak dan rasa kepedulian untuk pembangunan Kota Bukittinggi,” ujar Wa­likota Bukittinggi Ramlan Nurmatias ketika meninjau bangunan Gedung tersebut bersama SKPD terkait, Rabu (27/04).

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, menurut Ramlan ada beberapa titik yang harus direnovasi, termasuk pendataran lantai dan WC. Renovasi yang dilakukan tanpa harus  merobohkan bangunan yang ada. Usal direnovasi gedung tersebut akan diman­faatkan sebagai gedung parkir roda dua.

Dengan difungsikannya gedung ini sebagai lokasi parkir, diperkirakan akan bisa menam­pung lebih kurang 1.000 kendaraan roda dua. Dengan demikian, jika selama ini roda dua parkir disepanjang jalan Minang Kabau maka akan dialihkan ke Gedung Bioskop. Dan nantinya sepanjang jalan Minang Kabau akan bersih dan steril dari kendaraan roda dua. “Saat ini kita tinggal menunggu pengelola memindahkan mesin bioskop dan merombak bangku-bangku penonton yang ada. Insyaallah dalam waktu dekat sudah bisa direnovasi,” sebutnya.

Dengan berfungsinya Gedung eks bioskop Gloria menjadi gedung Parkir kata Ramlan, masyarakat akan lebih terjamin keamanan kendaraannya dan  tarif parkirnya lebih jelas karna memakai mesin tiket parker otomatis. Disamping itu roda dua lebih aman dan nyaman dari potensi panas dan hujan. Keerdaannnya ini sekaligus  akan menambah kenyamanan pengunjung datang ke Bu­kittinggi.

Setelah melihat kondisi fisik gedung, SKPD terkait seperti Dinas PU langsung mengukur bangunan Gedung untuk membuat sketsa renovasi yang akan dilakukan. Terkaid dengan biaya renovasi, menurut Ramlan akan diambilkan dari dana APBD. Setelah diukur akan ditentukan pintu masuk dan keluar. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 April 2020 - 16:29:19 WIB

    Miris! Keluarga di Padang Pariaman Ini Tinggal di Bekas Kandang Kambing

    Miris! Keluarga di Padang Pariaman Ini Tinggal di Bekas Kandang Kambing PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Memiliki tempat ringgal yang layak mungkin menjadi impian semua keluarga. Namun tidak semua bisa mewujukan impian itu. Seperti satu keluarga di Nagari Sikucur Timur, Kecamatan V Koto Kampu.
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:38:57 WIB

    Menkumham Respon Proses Hibah Bekas Penjara

    BUKITTINGGI, HALUAN—Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, merespon langkah dan upaya Pemko Bukittinggi dalam proses hibah tanah dan bangu­nan bekas penjara lama yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan Bukittinggi..
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 02:54:13 WIB

    Bekas Tambang Batu bara Berpotensi jadi Areal Peternakan Sapi

    Bekas Tambang Batu bara Berpotensi jadi Areal Peternakan Sapi SAWAHLUNTO, HALUAN — Tidak hanya menghasilkan ‘emas hitam’, lahan pertambangan batubara di Kota Sawahlunto, juga dimanfaatkan menjadi kawasan pertanian. Diantaranya bisa dioptimalkan sebagai taman buah dan peternakan sa.
  • Kamis, 14 April 2016 - 03:02:27 WIB

    Taruna STTD Bekasi PKL di Dishubkominfo

    Taruna STTD Bekasi PKL di Dishubkominfo BATUSANGKAR,HALUAN — Sebanyak 11 orang Taruna Taruni Sekolah Tinggi Trans­portasi Darat (STTD) Bekasi melakukan Praktek Kerja La­pangan (PKL) di Dinas Per­hubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]