Dinsosnaker dan BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi


Kamis, 28 April 2016 - 04:08:18 WIB
Dinsosnaker dan BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi KEPALA Bidang Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Keja Dinsosnaker Bukittinggi, Erwin Umar bersama Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi, Alwani Fitra Jaya ketika menyampaikan materi dalam kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Kota Bukittinggi di Hotel Dymens, Selasa (26/4). (WETRIZON)

BUKITTINGGI, HALUAN — Dalam rang­ka memberikan pema­haman kepada pengu­saha-pengusaha tentang pentingnya mendaftarkan pekerja ke Badan Penye­lenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Dinas Sosial dan Tenaga kerja (Dinsosnaker) Kota Bukittinggi bersama BPJS Ketenagakerjaan cabang Bukittinggi menggelar kegiatan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Kota Bukittinggi di Hotel Dy­mens, Selasa (26/4).

 Kepala Bidang Pem­binaan dan Pengawasan Tenaga Keja Dinsosnaker Bukittinggi Erwin Umar mengatakan kegiatan ini selain untuk memberikan pemahaman juga ber­tuju­an untuk memberikan penyadaran kepada peru­sahaan-perusahaan ten­tang wajibnya mendaf­tarkan para pekerja mere­ka ke BPJS Ketena­gaker­jaan.

”Perusahaan-perusa­haan wajib mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Kete­nagakerjaan. Dengan iu­ran yang cukup ringan setiap bulannya, kesela­matan tenaga kerja sudah terlindungi. Bahkan bagi tenaga kerja yang menda­pat kecelakaan pada saat bekerja biaya pengo­ba­tan­nya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan tanpa batasan, dengan artian kesejahteraan pe­kerja menjadi terjamin.” Ujar Erwin.

Tidak hanya itu ung­kap Erwin, dengan men­daftar ke BPJS Kete­naga­kerjaan banyak keun­tu­ngan yang bisa diperoleh, seperti beasiswa anak, modal usaha dan tabu­ngan hari tua. Erwin ber­harap dengan adanya ke­giatan sosialisasi ini para pengusaha kedepannya bisa memberikan hak pe­ker­ja mereka terhadap kepesertaan BPJS Ke­tenagakerjaan.

 Sementara itu Kabid Pemasaran BPJS Ke­tena­gakerjaan Cabang Bukit­tinggi Alwani Fitra Jaya menambahkan untuk men­jangkau dan menja­ring perusahaan-perusa­haan untuk ikut serta se­ba­gai peserta BPJS Kete­nagakerjaan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan seperti grebek pasar, pameran dan sosi­alisasi-sosialisasi.

 ”Kecelakaan kerja sebagai salah satu jenis resiko kerja sangat mung­kin terjadi dimanapun, dalam bidang pekerjaan apapun dan kepada siapa­pun. Untuk itu, dengan iuran yang sangat kecil keselamatan tenaga kerja sudah dapat terlindungi dari program BPJS,” je­las­nya.

 Saat ini sambungnya, BPJS Ketenagakerjaan menjalankan 4 program jaminan sosial yang terdiri dari jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan ke­ma­tian (JKM) jaminan hari tua (JHT) dan Jami­nan Pensiun. Kepeser­taaan program BPJS Ke­te­nagakerjaan dapat dii­kuti seluruh pekerja, baik formal, informal, maupun asing. (h/wet)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:43:22 WIB

    Dinsosnaker Buka Kesempatan Magang ke Jepang

    Pasaman, Haluan — Dinas Sosnaker Kabupaten Pasaman, membuka kesem­patan kepada para pemuda potensial yang telah dibekali keterampilan untuk magang dan bekerja ke Jepang selama tiga tahun..
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:21:11 WIB

    Dinsosnaker Gelar PKH 2016

    Dinsosnaker Gelar PKH 2016 PARIAMAN, HALUAN — Dinsosnaker menggelar Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2016, diikuti 183 peserta lintas sektor mulai dari fasilitas pendidik, fasilitas kesehatan, lurah dan kepala desa, kamis (28/4)..
  • Rabu, 16 Desember 2015 - 03:39:42 WIB

    Dinsosnakertran Latih Keterampilan Masyarakat

    Agam, Haluan — Dinas Sosnakertran Agam melakukan Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri di Nagari Matur Mudik, Kecamatan Matur bagi keluarga miskin di Kecamatan tersebut, Selasa (15/12). Melalui pelatihan itu diharapkan peserta mem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]