Pendistribusian Raskin Harus Tepat Sasaran


Kamis, 28 April 2016 - 04:11:30 WIB

BATUSANGKAR,HALUAN  —  Wakil Bupati  Tanah Datar, Zuldafri Darma mengharapkan pendistribusian beras miskin (raskin) harus tepat sasaran.

“Berdasarkan evaluasi pelaksanaan program Ras­kin tahun lalu masih ada data penerima yang tidak valid sehingga tidak tepat sasaran, sehingga dana yang diperuntukkan bagi warga yang berada di bawah garis kemiskinan itu tidak tepat guna,” katanya di Batu­sangkar, Senin (25/4).

Ia menyebut sosialisasi informasi tentang program Raskin ini dapat diketahui semua pihak terkait dan dilakukan secara berjenjang mulai dari tim kecamatan sampai nagari, agar seluruh elemen masyarakat dapat memahami program ini.

Selain itu, wabup juga mengingatkan pejabat ins­tansi terkait, camat dan wali nagari agar permasalahan kualitas beras yang di bawah standar dan jumlah tim­bangan yang tidak sesuai tidak terjadi lagi.

Ia menyampaikan prog­ram raskin ini dilakukan dalam upaya peningkatan pendapatan petani, keta­hanan pangan, pengem­bangan ekonomi perdesaan dan stabilitas ekonomi na­sio­nal. “Kepada Perum Bu­log kami minta untuk me­nye­diakan dan menyalurkan beras bersubsidi bagi kelom­pok masyarakat berpen­dapatan rendah,” katanya.

Semua ini bertujuan un­tuk mengurangi beban pe­ngelu­aran para Rumah Tang­ga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) dalam memenuhi kebutuhan pa­ngan pokok, selain itu juga untuk mening­katkan akses masyarakat ber­pendapatan rendah dalam pemenuhan kebutuhan pa­ngan pokok sebagai salah satu hak da­sarnya.

“Dalam hal ini Pemda mempunyai tugas dan tang­gung jawab dalam melaksa­nakan program ini sesuai tugas dan fungsi yang diberi­kan, sementara Pemerintah Pusat berperan dalam mem­buat kebijakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosnaker Sri Lestari menyampaikan penyaluran Raskin tahun sebelumnya dilakukan oleh Bagian Pere­konomian dan mulai tahun ini penanggung jawab pen­dis­tribusiannya berada di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja.

Dalam pelaksanaan pe­nya­lurannya,  segala sesu­atunya telah dipersiapkan, mulai dari dasar hukum sam­pai pada koordinasi dengan instansi terkait serta mem­pedomani apa yang telah terlaksana selama ini.( h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]