Darul Ulum Padukan Islam dan Teknologi


Kamis, 28 April 2016 - 04:13:10 WIB
Darul Ulum Padukan  Islam dan Teknologi Ketua Yayasan Pesantren Darul Ulum, A Samaun Lubis (pakai kacamata) bersama para kepala sekolah dan pengurus Yayasan lainnya di pesantren tersebut. (ANDIKA)

PASBAR, HALUAN — Pon­dok Pesantren Darul Ulum Muaro Kiawai, Pasaman Barat menjadi satu-satunya pesantren yang di Pasaman Barat yang mengem­bang­kan metode pendidikan Is­lam dan Teknologi.

Sebab, pesantren yang berdiri sejak tahun 1998 itu membuka jenjang pen­didi­kan Madrasyah Tsanawiyah (MTS) dan Sekolah Mene­ngah Kejuruan (SMK).

“Kalau pesantren lain membuka jenjang MTS dan Aliyah, kita MTS dan SMK,” kata Ketua Yayasan pesantren tersebut, A. Sa­maun Lubis didampingi Um­mi Ustazah Asnimar Nst dan Kepala MTS, Ali Mu­barok serta Kepala SMK, Roy Ihsan kepada Haluan kemarin.

Katanya, Yayasan me­mandang, perkembangan dunia saat ini begitu cepat dunia pendidikan sekarang ini begitu cepat. Sehingga, rakyat mau tidak mau harus ikut memahami perkem­bangan tersebut.

Atas itulah, pihak Ya­yasan melihat sisi peluang mendirikan SMK sebagai perpaduan dari tingkat MTS yang ada di pesantren terse­but. Tetapi, walaupun SMK, tetap dalam studi belajar­nya, juga memuat pelajaran Agama Islam. Metode yang dilakukan, adalah Islam dan Teknologi.

“Sehingga siswa yang belajar disini, memiliku Ilmu Agama yang cukup, dan juga paham teknologi yang diajarkan di SMK,” kata Ketua Yayasan. (h/dka)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 April 2020 - 22:44:46 WIB

    Tujuh Tahun Terbaring Sakit, Hari Ini Darul Bisa Tersenyum

    Tujuh Tahun Terbaring Sakit, Hari Ini Darul Bisa Tersenyum PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan mengupayakan Darul Karat (26), pemuda asal Gantiang Mudiek Utara, Kecematan Sutera yang terbaring sakit diperkirakan selama tujuh tahun bakal segera me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]