Talamau, Proyek Percontohan Pelayanan Publik


Kamis, 28 April 2016 - 04:14:46 WIB
Talamau, Proyek Percontohan Pelayanan Publik Wakil Bupati Pasbar, Yulianto bersama Asisten, Camat Talamau, Etris Dsem beserta perangkat kecamatan lainnya foto bersama dengan tim juri lomba pelayanan prima dan inovasi publik tingkat provinsi. (ANDIKA)

TALAMAU, HALUAN — Kecamatan Talamau dijadikan pilot project oleh dosen Universitas Andalas di bidang pelayanan publik.

Ketertarikan dosen Unand tersebut setelah men­jadi juri pada lomba Pelayanan Prima dan Ino­vasi pelayanan Publik Ting­kat Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu. Keca­matan Talamau merupakan utusan Kabupaten Pasaman Barat dalam ajang tersebut.

Diambilnya Talamau se­bagai percontohan itu, se­bab kebijakan yang dibuat oleh Camatnya, Etris Dsem belum ada dilakukan keca­matan lain, khususnya di Sumatera Barat. Sementara program tersebut terbukti efektif, dan sesuai dengan nawa cita Presiden Jokowi “Menghadirkan Negara Di­tengah Masyarakat”.

Adapun progran Camat Talamau yang memikat hati sang Doktor Unand tersebut adalah pelayanan keliling, dari jorong ke jorong. Pela­yanan yang dapat diterima, mencakup seluruh pela­yanan yang ada di tingkat kecamatan. Mulai dari pela­ya­nan publik yang dise­lenggarakan kantor camat, Puskesmas, Polsek dan Kan­tor Urusan Agama. Seluruh pelayanan publik yang ada bersatu untuk turun ke la­pangan, menajambangi ma­syarakat untuk mengurus kepentingan rakyat. Seperti pengurusan KK, KTP, SK­CK, pelayanan kesehatan, hingga pengurusan untuk nikah kawin.

“Kita lakukan dengan skedule jadwal yang rapi sehingga seluruh pelosok kejorongan mendapat pela­yanan tersebut. Hasilnya, tahun 2015 lalu jumlah war­ga yang dilayani dengan pelayanan keliling sekitar 3258 orang,” kata Camat Talamau, Etris Dsem ke­pada Haluan kemarin.

Kebijakan tersebut katanya, adalah sebagai upaya pihak kecamatan un­tuk memudahkan masya­rakat dalam mengurus seti­ap kebutuhan administrasi kependudukan sebagai war­ga negara yang baik.

“Artinya, kita me­min­dahkan pelayanan keca­matan ke jorong-jorong. Kita dari pihak kecamatan yang datang ke masyarakat, bukan masyarakat yang da­tang ke kita di Kecamatan,” tukas Camat yang Senin depan juga dinobatkan se­bagai perwakilan Pasaman Barat pada lomba Camat berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat di Padang. 

Dalam kegiatan itu juga diterangkan Etris, tidak hanya pelayanan publik se­cara fisik yang dilakukan. Tetapi sekaligus diberikan penyuluhan kepada masya­rakat. Seperti penyuluhan narkoba, hidup bersih, kesa­daran pajak dan lain-lain.

“Dengan adanya pela­yanan keliling ini, ada pe­ningkatan pelayanan di Ke­camatan Talamau. Hari ke­marin saja, lebih dari 700 orang yang dilayani pela­yanan keliling. Sampai-sam­pai petugas kita lagi yang kewalahan, dari pagi hingga sore tidak berhenti,” ulas Etris lagi.

Melihat keberhasilan kebijakan itulah yang mem­buat salah seorang dosen Unand pada bidang pela­yanan publik tertarik untuk menjadikan Talamau seba­gai percontohan penelitian yang dibuat sang dosen itu.

Menurut para juri yang lain, yakni yang berasal dari YLKI, Ombudsman, Aka­demisi ujar Etris, pelayanan keliling tersebut cocok di terapkan pada skala na­sional.

Memang, saat ini tengah digalakkan pelayanan secara online. Hanya saja meng­alami kendala geografis wilayah Indonesia yang di­dominasi pengunungan, se­hingga jangkuan online ma­sih terbatas. Begitu juga dengan tingkat SDM masya­rakat yang masih rendah sehingga banyak yang tidak bisa menggunakan fasilitas online tersebut.

Sementara pelayanan yang ia buat katanya, tidak mengenal tempat. Dimana saja bisa dilakukan pelaya­nan, bailk itu diteras rumah, dihalaman masjid, ditempat parkiran hingga di pasar-pasar. Sehingga, bagi ma­syarakat selain mudah dila­kukan juga tidak ada beban lain yang mesti ditanggung rakyat.

Hadir dalam penilaian tersebut Wakil Bupati Pasa­man Barat, Yulianto, SH serta sejumlah kepala SK­PD, Muspika dan perangkat nagari, kepala jorong dan tokoh masyarakat Talamau.

Wakil Bupati Pasbar Yu­li­anto mengucapkan terima­ksih kepada tim penilai yang telah menunjuk Kecamatan Talamau dalam penilaian Kompetisi pelayanan dan inovasi pelayanan publik ini.

“Kecamatan Talamau telah memberikan pemi­kiran untuk mendekatkan pelayanan kepada masya­rakat   dalam pelayanan yang disebut dengan pela­yanan terpadu Keliling Ke­camatan yang bertujuan dapat memberikan kemu­dahan pelayanan kepada masyarakat yang membu­tuhkan Administrasi terse­but “ kata Wabup Yulianto

Oleh sebab itu  demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pada Tahun 2016 ini Pemerintah Pasbar telah memberikan dan menambah Anggaran kepada seluruh Kecamatan dalam melaksanakan pela­yanan Administrasi Terpadu di Kecamatan Keliling se­cara baik nantinya 

Tim Kompetisi Provinsi Sumbar Onzukrisno menga­takan Kecamatan Talamau dalam memberikan pe­laya­nannya sungguh sangat luar biasa  lebih maju dan baik dalam memberikan pelaya­nan kepada masyarakat.

“Saya  mengaspirasi Ke­ca­matan Talamau yang  telah melakukan te­ro­bosan dan langkah nyata dalam memberikan pela­yanan prima kepada ma­syarakat setempat, oleh sebab itu sepertiyang kita lihat sebelumnya pada hari ini   Kecamatan Tala­mau sudah  memenuhi seluruh kriteria,” pungkasnya. (h/dka)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]