CIMB Niaga Perkuat Aspirasi Menjadi Bank Digital Terdepan


Kamis, 28 April 2016 - 04:22:57 WIB

JAKARTA, HALUAN — Bank CIMB Niaga terus menginisiasi kemajuan teknologi perbankan serta terdepan dalam inisiatif digital banking. CIMB Niaga meyakini, persaingan saat ini dan ke depan hanya dapat dimenangkan dengan kecepatan, ketepatan, kenyamanan, dan keamanan yang dirasakan nasabah saat bertransaksi.

Bagi CIMB Niaga, teknologi dan infor­masi (TI) berfungsi sebagai enabler bisnis, dengan mendayagunakan teknologi secara efisien, tepat waktu dan biaya efektif untuk menghasilkan produk dan layanan per­bankan yang berkulitas, handal, dan aman. 

Menurut Direktur IT & Operations CIMB Niaga Rita Mas’Oen, fokus pengem­bangan TI CIMB Niaga saat ini adalah pada pengembangan sistem perbankan inti (core banking inti) yang baru bertajuk 1Platform (1P) yang telah digunakan sejak awal Januari 2016 lalu. 

“Dengan 1P ini, kami berharap semakin memperkuat aspirasi CIMB Niaga menjadi bank digital terdepan di Indonesia serta menjamin sistem TI kami siap untuk masa depan,” ujar Rita dalam siaran pers yang diterima Haluan, Rabu (27/4).

Rita menjelaskan, proyek 1P ini adalah pencapaian yang membanggakan bagi CIMB Niaga karena peralihan sistem core banking dilakukan secara serentak di seluruh kantor cabang CIMB Niaga di Indonesia yang memiliki tiga perbedaan waktu.

CIMB Niaga membuat sejarah di indus­tri perbankan nasional karena berhasil menerapkan sistem perbankan inti yang baru melalui pendekatan big-bang dalam periode akhir pekan dengan melibatkan 650 anggota tim dan 300 vendor eksternal. Proses big-bang ini mencakup lebih dari 800 kantor cabang, 5.000 staf CIMB Niaga, 90 sistem interfacing, serta migrasi 7,7 juta data nasabah, 4,5 juta rekening simpanan dan 800 ribu rekening pinjaman nasabah.

Sistem perbankan inti yang baru ini, lanjut Rita, juga meng-cover seluruh lini bisnis CIMB Niaga mulai dari Consumer, SME, Micro, Commercial dan Corporate Banking, serta meliputi juga fungsi-fungsi seperti informasi nasabah, simpanan, pengelolaan jaringan cabang, pinjaman, limit, jaminan, product bundling, general ledger maupun integrasi  90 sistem yang ada.

Banyak peluang dan dampak positif terhadap perjalanan bisnis CIMB Niaga ke depan dengan sistem core banking yang baru ini. Pengalaman nasabah diharapkan sema­kin meningkat melalui layanan one stop account opening, adanya sistem waspada elektronik, produk-produk pembiayaan yang semakin kompetitif, serta proses kredit yang semakin sederhana. Selain itu, inisiatif ini juga mendorong upaya CIMB Niaga meningkatkan efisiensi guna memenangkan persaingan di industri perbankan yang semakin ketat. (h/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]