Sulit Air Peringati Haul ke 195

Dari Alek Nagari Hingga Pecahkan Rekor MURI


Kamis, 28 April 2016 - 04:32:56 WIB

Solok, Haluan — Peringatan Hari Jadi Nagari Sulit Air ke 195 yang jatuh pada tanggal 30 April men­datang, diharapkan akan menjadi mo­men­tum pen­gem­balian ni­lai-nilai tradisi dan budaya yang mulai me­mudar dan di­ting­gal­kan oleh generasi mu­da sekarang. Ber­bagai kegiatanpun telah d­i­persiapkan untuk me­nyemarakkan hari jadi nagari yang berada di kecamatan X Koto diatas ini.

Ketua KAN nagari Sulit Air Hendri Dunan, S.Sos Dt Endah Bonsu dalam kapasitasnya seba­gai ketua panitia pelaksana alek nagari kepada Haluan, Rabu (27/4) menyebutkan, sejumlah ke­giatan itu antara lain lomba layang-layang, pawai alegoris anak nagari dengan arak-arakan sebanyak 116 bungo siriah, dan lomba memasak samba hitam. “ Selain peringatan dan alek nagari, kita sekaligus ingin menggugah kepedulian generasi muda ter­hadap nilai-nilai budaya dan tradisi serta sejarah yang dimiliki oleh nagari,” ungkapnya.

Terkait kegiatan itu, kata Hendri Dunan, pada malam puncaknya usai digelar sidang istimewa BMN terkait peringatan hari jadi nagari ini, warga se­tempat juga akan membunyikan badia-badia batuang (meriam bambu) yang jum­lah­nya lebih dari 300 batang yang tersebar di seluruh penjuru nagari sebagai pe­nan­da puncak pe­ringatan.

Sedangkan terkait lomba memasak sam­ba hitam ini, Hendri menjelaskan, Samba Hitam ini merupakan kuliner khas Nagari Sulit Air. Bentuknya seperti rendang, na­mun tidak seperti ren­dang kebanyakan karena tidak menggunakan daging sebagai bahan utamanya. “Samba hitam ini terbuat dari rempah-rempah pilihan dan dipercaya sebagai makanan obat yang mam­pu mengobati penyakit kulit dan mebuat kulit awet muda,” beber Anggota DPRD kab. Solok ini.

Tak tanggung-tanggung, lom­ba ini ditargetkan akan me­nembus rekor MURI (museum rekor Indonesia), karena untuk lomba ini akan diikuti oleh setidaknya 600 lebih peserta. “ Lomba masak samba hitam ini kita pusatkan di Lapangan bola kaki Nagari Sulit Air. Kita telah siapkan 600 tungku masak bagi peserta dan akan diliput langsung oleh MURI,” katanya.

Kegiatan Alek nagari ini di­ren­canakan akan dihadiri oleh sekitar 1000-an perantau yang tersebar di seluruh nusantara. Selain perantau, sejumlah nama tokoh nasional dan Sumbar se­per­ti wakil ketua MPR RI Oesman Sapta Odang yang lebih dikenal dengan panggilan Oso, Wagub Sumbar Nasrul Abid, Bupati Solok H. Gusmal, SE,MM Dt Rajo Lelo dan pengurus DPP SAS (sulit Air Sepakat) yang m­e­rupakan induk organisasi pe­rantau Sulit Air direncanakan akan hadir dalam alek nagari yang diagendakan dimulai dari hari kamis (28/4) ini. “ Kita juga telah mengundang para pejabat daerah yang ada di Sumbar seperti Dan­rem, Kapolda, Danlantamal, Danlanud, Kejati dan lain-lain,” ungkap Hendri Dunant.

Hendri menyebutkan dengan menggelar berbagai kegiatan tradisi anak nagari, pihaknya segaligus ingin mengenalkan ber­bagai potensi wisata yang dimiliki nagari Sulit Air. Potensi wisata seperti bukit batu merah, jonjang 1000 (Jenjang 1000) merupakan potensi wisata yang belum banyak dikenal oleh dunia luar dan di­persiapkan menjadi salah satu destinasi wisata Sumbar.

Selain kegiatan tradisional dan seremonial, sebagai pe­nyang­ga, pada peringatan alek nagari ini, juga akan dicanangkan ke­giatan nagari Sulit Air Sehat, yang ditandai dengan penyerahan bantuan 2 unit mobil ambulans dan 2 unit motor pengangkut sampah yang dilanjutkan dengan kegiatan kemasyarakatan lainnya. “Mobil ambulan dan motor pengangkut sampah ini me­ru­pakan sumbangan dari perantau Sulit Air,” pungkasnya. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]