Pekerja Banyak Tak Terdaftar BPJS


Kamis, 28 April 2016 - 04:44:30 WIB
Pekerja Banyak Tak Terdaftar BPJS

PADANG, HALUAN—Anggota Ko­misi I DPRD Padang, Ilham Maulana meminta Dinas Sosial dan Kete­nagakerjaan (Dinsos­naker) Kota Padang mengevaluasi peru­sahaan penyalur  ketenagakerjaan yang ada di daerah ini. 

Hal tadi diungkapkan Ilham karena dari hasil resesnya ke daerah Teluk Bayur masih ditemukan buruh yang bekerja di peru­sahaan yang tidak memiliki jaminan kete­nagakerjaan

“Perusahaan penyalur ketena­gakerjaan masih banyak yang tak mendaftarkan  pekerja  mereka ke BPJS Ketena­ga­ker­jaan,” sebut Ilham.

Karena tak terdaftar, buruh seba­gian perusahaan menyebut merasa kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Jika mengalami sakit, mereka terpaksa mela­kukan peng­obatan dengan sendiri.

Ilham menambahkan. mestinya ada tanggung jawab dari perusahaan atas karyawan yang dipekerjakan.  Hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah nomor 86 tahun 2013 tentang jaminan sosial kete­nagakerjaan.

Apabila terdapat instansi atau perusa­haan yang tidak mengi­kutser­takan tenaga kerjanya pada program BPJS Kete­naga­kerjaan,  maka instansi atau perusahaan tersebut dapat dibe­rikan sanksi teguran dan administratif, hingga denda.

“Namun yang terjadi sejauh ini hal itu belum sepenuhnya menjadi perha­tian. Jika pun ada perhatian, saat ada karyawan yang sakit mereka hanya diberi bantuan uang seadanya. Um­pamanya hanya untuk uang urut saja,­” kata Ilham.

Anggota DPRD Padang dari Dapil Padang Timur dan Padang Selatan ini berharap, ke depan persoalan tadi bisa dibenahi oleh instansi terkait. Semua tentunya juga butuh dukungan dan kesa­daran dari perusahaan yang bero­perasi di Kota Padang ini.

Kemudian untuk pekerja, sebaik­nya pandai-pandai  memilih peru­sahaan yang akan dijadikan sebagai tempat bekerja. Jika tak ada jaminan, disarankan memilih perusahaan yang lain. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]