Tanah Datar Wajibkan Murid TK Tamat Iqra


Kamis, 28 April 2016 - 13:43:01 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Pe­namatan metode Iqra bagi murid TK se-Kecamatan Lima Kaum di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batu­sangkar, Selasa (26/4) dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Zuldafri Darma.

Saat itu Wabup Zuldafri me­ng­imbau orang tua murid untuk dapat memanfaatkan waktu yang singkat tersebut dengan me­nanamkan nilai-nilai agama dan budi pekerti kepada anak sehingga anak menjadi generasi yang santun dan mempunyai agama yang kuat.

“Peranan orang tua sangat besar dalam mewarnai hidup dan kehidupan generasi selanjutnya, goreskanlah tinta emas dalam memorinya,” ajak Zuldafri kepada orang tua yang turut men­dampingi anaknya saat itu.

Wabup juga memberi apresiasi de­ngan adanya acara penamatan metode Iqra tersebut. “Pandai membaca Alquran sebagai bentuk cinta kepada kitab suci. Pemerintah daerah sangat mendukung semua bentuk kegiatan dalam rangka mewujudkan Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai adat ba­sandi syarak, syarak basandi kita­bullah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Tanah Datar melalui Kasi Pen­didikan Madrasah Yusmarli meng­imbau kepada orang tua murid agar tidak hanya puas dengan anak bisa baca Alquran tapi perlu ditingkatkan menjadi penghafal atau hafiz.

“Kemenag siap bekerjasama de­ngan semua pihak melahirkan generasi Tanah Datar yang hafiz Alquran. Pada Mei men­datang kita akan mewisuda 800 hafiz dari siswa se-Tanah Datar dan kita siap men­ja­dikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfiz,” kata Yusmarli.

Penamatan Iqra itu diikuti oleh 600 murid dari 17 TK se-Kecamatan Lima Kaum dan diawali terlebih dahulu dengan pawai taaruf keliling Kota Batusangkar. (h/fma)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]