Di Koto Hilalang Timur

Panen Ikan Larangan untuk Bangun Musala


Kamis, 28 April 2016 - 13:50:59 WIB

PADANG PARIAMAN,HALUAN — Ma­syarakat Korong Koto Hilalang Timur, Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman, sepakat memanen ikan larangan. Hasil dari panen ikan larangan ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan Mushala.

  Menurut panitia pelaksana yang juga mantan Wali Korong Koto Hilalang Timur, Khairunnas pada Haluan, Rabu (27/4), penen ikan larangan yang berada dialiran sungai Batang Naras atau yang lebih dikenal dengan ikan larangan Lubuk Nango.

  Disampaikan Khairunnas, memanen ikan larangan ini dilakukan dengan cara memancing serta menangkap ikan dengan jala. Memancing dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 7 dan 8 Mai 2016 serta menangkap ikan dengan jala pada tanggal 9 dan 10 Mai tahun ini.

  “Bagi pemancing pada hari pertama diminta sumbangannya sebesar Rp200 ribu per orang dan pada hari kedua Rp100 ribu. Sedangkan bagi yang hobi menangkap ikan dengan jala dikenakan sumbangan sebesar Rp250 ribu dan pada hari terakhir dibebaskan bagi masyarakat sekitar aliran sungai,” katanya.

  Khairunnas mengaku, dana sumbangan yang terkumpul dari para pecandu-pencandu me­mancing ini digunakan langsung untuk pemb­angunan sebuah mushala didekat Lubuk Nango. “Pembangunan mushala ini telah dimulai, walaupun belum dilakukan pemancingan,”katanya.

  Dikatakan, pembangunan mushala didekat lokasi ikan larangan ini, disamping digunakan untuk ibadah masyarakat setempat juga sebagai pendukung wisata ikan larangan pada lokasi tersebut.

Disampaikan Khairunnas, penen ikan larangan ini akan ramai dikunjungi oleh para pecandu pancing ikan, karena ikan jenis Gariang yang ada di lubuk larangan ini telah cukup dikenal para pencandu pancing. “Disamping telah cukup lama tidak dipanen, ikan ikan disini juga sangat jinak,” jelasnya.

  Menurutnya, ikan larangan Lubuk Nango ini telah berumur lebih dari 10 tahun. “Disamping lubuknya banyak yang dalam, ikan-ikanyapun banyak dan besar-besar,” aku Khairunnas. (h/ded)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:04:22 WIB

    Pupuk Langka di Pasbar, Petani Berpotensi Gagal Panen

    Pupuk Langka di Pasbar, Petani Berpotensi Gagal Panen PASBAR, HARIANHALUAN.COM  - Gonjang ganjing tentang kelangkaan pupuk bersubsidi di wilayah Pasbar membuat para petani menjadi gerah. Pasalnya petani harus membeli pupuk non subsidi dengan harga yang mahal. .
  • Sabtu, 05 Oktober 2019 - 19:05:38 WIB

    Sawah Dipenuhi Kerikil, Petani Koto Tinggi Gagal Panen

    Sawah Dipenuhi Kerikil, Petani Koto Tinggi Gagal Panen PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tanaman padi sawah petani di Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman sering gagal panen karena dihantam banjir Batang Kamumuan..
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:27:14 WIB

    Berkat BIOS 44, Hasil Panen Petani Talawi Naik 20 Persen

    Berkat BIOS 44, Hasil Panen Petani Talawi Naik 20 Persen SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Dekomposer BIOS 44 yang diaplikasikan pada lahan pertanian kelompok tani Hamparan Pasaunan Desa Talawi Mudik Kecamatan Talawi sudah membuahkan hasil. Dekomposer BIOS 44 yang diperkenalkan oleh Ko.
  • Kamis, 08 Agustus 2019 - 15:25:27 WIB

    Kemarau Panjang, 100 Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

    Kemarau Panjang, 100 Hektare Sawah Terancam Gagal Panen SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 100 hektare areal persawahan warga di Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, Solsel terancam gagal panen. Pasalnya, dikarenakan turunnya debit air Sungai Batang Sangir sehingga t.
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 15:50:41 WIB

    Peternak Panen Rezeki, Transaksi Jual Beli Meningkat Drastis

    Peternak Panen Rezeki, Transaksi Jual Beli Meningkat Drastis DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dua minggu sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah persisnya Ahad, 12 Agustus 2019, panitia kurban di masjid/musala terlihat sibuk mencari sapi, kerbau atau kambing untuk disembeli.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]