Serangan Udara Hancurkan Rumah Sakit

Aleppo di Ambang Bencana Kemanusiaan


Jumat, 29 April 2016 - 03:45:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Aleppo di Ambang Bencana Kemanusiaan SERANGAN udara menghantam sebuah rumah sakit di daerah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, Suriah.Serangan itu menewaskan sedikitnya 27 oran. (REUTERS)

SURIAH, HALUAN — Serangan udara menghantam sebuah rumah sakit di daerah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, Suriah. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 27 orang, termasuk tiga anak dan seorang dokter anak terakhir di kota itu.

Serangan udara pada Kamis (28/4) di distrik yang dikuasai pemberontak di kota itu menewaskan seti­daknya lebih dari 30 warga, menurut keterangan petu­gas penyelamat. Kelompok pemerhati perang sipil Su­riah, Syrian Observatory for Human Rights, me­nye­but­kan jumlah korban seti­daknya 20 orang. 

Dilaporkan Reuters, tem­­bakan mortir dari pem­berontak di daerah yang di­kuasai pemerintah me­ne­waskan sedikitnya 14 orang. 

Bom menghantam ru­mah sakit Al-Quds, rumah sakit yang didukung oleh lembaga kemanusiaan Dok­ter Lintas Batas, atau MSF. Setidaknya tiga dokter tewas akibat serangan ini. 

Observatory me­la­por­kan bahwa serangan udara di wilayah yang dikuasai pemberontak di Aleppo menyebabkan 91 warga sipil tewas dalam enam hari ter­akhir. Sementara, serangan dari pemberontak ke wila­yah yang dikuasai pe­m­e­rin­tah menyebabkan 49 orang tewas. 

Terkait pengeboman ru­mah sakit, Bebars Mishal dari Pertahanan Sipil di Aleppo menyatakan kepa­da Reu­ters bahwa 40 orang tewas dalam bangunan lima lantai di samping rumah sakit.

Sumber dari militer Su­riah mengungkapkan bahwa sejumlah pesawat tempur pe­merintah belum di­gu­nakan di beberapa daerah yang dilaporkan terkena serangan. 

Sementara, Ke­men­te­rian Pertahanan Rusia, yang juga me­luncurkan se­rangan udara di Suriah un­tuk mendukung Presiden Bas­har al-Assad, belum me­lun­curkan komentar terkait hal ini. Rusia sebelumnya beberapa kali membantah serangan udaranya me­nge­nai infrastruktur publik di Suriah. 

Di Jenewa, Komite In­ter­nasional Palang Merah (ICRC) menyatakan bahwa meningkatnya kekerasan di Aleppo membuat warga tinggal di ambang bencana kemanusiaan. 

“Di mana pun Anda be­ra­da, Anda mendengar led­akan mortir, peluru dan pesawat terbang di langit,” kata Valter Gros, yang me­nge­palai kantor ICRC. 

“Tidak ada lingkungan di kota itu yang belum ter­kena [serangan]. Warga ting­gal di pinggiran kota. Semua orang di sini ke­takutan hi­dup dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selan­jutnya,” katanya.

Aleppo telah menjadi pusat eskalasi militer. Ke­kerasan di kota ini yang seakan tanpa henti juga mem­buat perundingan da­mai yang ditengahi PBB da­lam beberapa pekan ter­akhir terancam gagal. (h/cnn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 00:45:08 WIB
    PESAN NATAL TAHUN INI

    Paus Fransiskus Berharap Aleppo Damai

    Paus Fransiskus Berharap Aleppo Damai VATIKAN, HALUAN — Pada tradisi pesan Natal “Urbi et Orbi” yang disampaikan oleh Paus Fransiskus tahun ini, ia berharap agar Aleppo dalam keadaan damai. Ia mengatakan hal tersebut di balkon utama Basilika Santo Petrus pa.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:07:17 WIB

    Rusia dan China Veto Gencatan Senjata di Aleppo

    JAKARTA, HALUAN—Ru­sia dan China memveto resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menye­rukan gencatan senjata di Alep­po, Suriah, untuk memberi jalur bantuan kemanusiaan..
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:00:30 WIB

    Suriah Ultimatum Oposisi untuk Tinggalkan Aleppo

    BEIRUT, HALUAN — Pasukan peme­rintah Suriah dan sekutu-sekutunya merangsek ke Aleppo untuk menduduki kembali bagian kota itu yang dikuasai pasukan pemberontak setelah bom­bar­demen udara bertubi-tubi..
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:33:46 WIB

    Bom Hantam Enam RS di Aleppo

    Bom Hantam Enam RS di Aleppo ALEPPO, HALUAN — Serangan udara menghantam Enam rumah sakit (RS) darurat dan satu bank darah lokal di Kota Aleppo, Suriah, dalam 24 jam terakhir. Hingga kini belum diketahui dari pihak mana serangan udara itu berasal..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM