Pemko Terus Berbenah Melengkapi Perpustakaan


Senin, 02 Mei 2016 - 04:06:29 WIB
Pemko Terus Berbenah Melengkapi Perpustakaan

PADANG PANJANG, HA­LUAN — Dalam upaya men­cer­daskan masyarakat, Pe­me­rintah Kota (Pemko) Pa­dang Panjang terus mem­be­nahi sarana dan prasarana perpustakaan. Kelengkapan fasilitas baca merupakan satu kunci dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Hal tersebut diungkapkan, Kepa­la Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Darsyaf Hendrzal.

“Fasilitas merupakan sa­lah satu faktor dalam mem­be­­rikan kenyaman bagi pe­ngun­jung perpustakaan. Un­tuk itu, saat ini kita terus melengkapi fasilitas baca, baik dari kelengkapan buku referensi, ruangan internet, serta ruangan khusus untuk menyaksikan film pen­didi­kan dan ilmu pengetahuan, yang nantinya bisa diman­fa­atkan dunia pendidikan da­lam proses belajar menga­jar,” terang Darsyaf.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Lebih lanjut dikata­kan­nya, untuk meningkatkan minat baca, perpustakaan daerah harus melengkapi sarana dan prasarananya. Kelengkapan tersebut, seca­ra langsung akan mening­kat­kan minat baca. Sesuai de­ngan peranan perpustakaan, yang prinsipnya memperkaya masyarakat akan informasi dan ilmu pengetahuan.

“Saat ini kita masih mem­be­­nahi ruangan internet dan mem­perbanyak buku refe­ren­­si. Namun, sebelumnya ki­ta juga telah menggelar ke­giatan wakaf buku yang telah menghasilkan buku-buku berkualitas yang bisa di­manfaatkan pembaca nan­ti­nya,” ujar Darsyaf saat di­hu­bungi Haluan, Jumat (29/4).

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Darsyaf menilai, fasilitas merupakan sarana kelan­ca­ran dan kemudahan pelak­sanaan fungsi perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pembaca, serta menum­buh­kan minat baca masyarakat.

“Kita terus berupaya me­ning­katkan budaya membaca terhadap semua kalangan, terutama generasi muda gu­na memperdalam ilmu pe­nge­tahuan mereka. Khusus bagi siswa sekolah, mustahil bisa berhasil dalam bangku sekolahnya bila tidak banyak membaca,” jelasnya.

Begitu pula dengan kala­ngan guru atau PNS, lanjut­nya, harus menjadi kutu buku untuk terus menambah ilmu dan wawasannya. Di luar negeri, seperti Singapura orang sudah terbiasa mem­baca dan tidak peduli di­manapun berada.

Kelengkapan fasilitas tersebut, Darsyaf meng­ha­rapkan masarakat ataupun para siswa menjadi lebih gemar membaca, guna me­nga­sah otak mereka agar lebih cerdas. (h/mg-pis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]