SPPT PBB P2 Wajib Pajak Meningkat

Canangkan Reward Bagi Taat Pajak


Senin, 02 Mei 2016 - 04:07:23 WIB
Canangkan Reward Bagi Taat Pajak Sekda Edwar Juliartha menyerahkan SPPT-PBB kepada Lurah Silaing Bawah, Fhandy Ramadhona. (APIZ JACKSON)

PADANG PANJANG, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang melalui Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD), menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang-Pajak Bumi Bangunan (SPPT-PBB) kepada Lurah se-Kota Padang Panjang.

Dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda), Prof Edwar Juliartha, pihaknya menginstruksikan kepada petugas kelurahan, untuk segera mendistribusikan SPPT-PBB Padang Panjang ke masyarakat dan ia juga berharap, agar pendistribusian itu dapat terlaksana sesuai waktu yang telah ditetapkan tanpa adanya penundaan untuk mengantisipasi jatuh tempo.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

“Sesuai ketetapan, pendistribusian paling lambat jatuh pada tanggal 30 Juni 2016. Sementara waktu jatuh tempo PPB perkotaan dan perdesaan jatuh pada 31 Oktober 2016. Percepatan pendistribusian ini salah satu upaya menghindari keterlambatan PBB,” ujar Edwar Juliartha.

Penyerahan SPPT-PBB oleh DP2KAD Kota Padang Panjang tersebut langsung diberikan secara simbolis oleh Edwar Juliartha. Sementara total jumlah pendistribusian SPPT-PBB  pada tahun 2016 sebanyak 14.173 lembar, artinya kondisi tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 13.939 lembar.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

Penambahan jumlah objek PBB P2 tersebut, kata Edwar, merupakan hasil pendataan ulang, pemu­takhiran data PBB P2 tahun 2015 dan pendataan baru tahun 2016 selama tiga bulan dari bulan Januari-Maret 2016. Edwar Juliartha mengharapkan, nantinya akan ada reward kepada mereka yang taat dan lebih awal membayar pajak. “Hal ini berguna, untuk mendorong pencapaian pajak di Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Sementara Kepala DP2KAD Kota Padang Panjang, Rusdianto mengatakan, ketetapan pemba­yaran minimal PBB P2 Kota Padang Panjang tahun 2016 adalah sebesar Rp10 ribu,  sedangkan untuk waktu jatuh tempo pembayaran PBB P2 tahun 2016 adalah tanggal 31 Oktober 2016.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

“Jika seluruh daerah Padang Panjang lunas PBB, berarti secara langsung telah ikut mendorong terealisasinya pembangunan daerah dengan cepat,” ungkap Rosdianto. (h/mg-pis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]