Puskesmas Koto Besar Dinilai Tim Sumbar


Senin, 02 Mei 2016 - 15:12:35 WIB
Puskesmas Koto Besar Dinilai Tim Sumbar

 

DHARMASRAYA, HALUAN —  Puskesmas Koto Besar saat ini mengembangkan berbagai Inovasi pelayanan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Pus­kesmas tersebut. Hal disampaikan oleh Pim­pinan Puskesmas Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Lasmita SKM, dalam ekpose nya saat menerima kunjungan Tim Penilai Kompetensi Pelayanan Prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumbar, pekan lalu.

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Dijelaskannya, inovasi pelayanan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas tersebut meliputi Inovasi pem­berdayaan keluarga mengawal 1000 hari pertama kehidupan, pengelolaan sampah organik dengan biopori, Inovasi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), inovasi peningkatan gizi keluarga, Inovasi Kese­hatan lingkungan, inovasi Promkes dan PSM, inovasi pelayanan kesehatan jiwa, Inovasi pelayanan Lansia, inovasi Nagari Siaga, Inovasi kesehatan gigi dan UKS, serta program monitor kepuasan publik atas pelayanan Puskesmas.

Dikatakannya, dengan peningkatan layanan publik melalui berbagai inovasi pelayanan publik tersebut ternyata telah membawa dampak positif di tengah-tengah masyarakat antara lain sebanyak 7 nagari di wilayah kerja puskesmas Koto besar telah memiliki satu buah Ambulance yang meru­pakan hasil swadaya masyarakat, dan begitu juga telah berhasil ditimbulkan kesadaran warga suku anak dalam untuk datang berobat ke Puskesmas dan mereka telah memper­hatikan kebersihan dan kesehatan mereka secara mandiri.

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

Penilaian kompetensi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumbar di lakukan oleh Tim Penilai yang diketuai oleh DR. Yusirwan Rasyid (LKAAM) dan beranggotakan Adel Wahidi ( Asisten Ambudsman RI Perwakilan Sumbar), Sawir Pribadi ( Singgalang ) dan Ramli (Biro Organisasi Setda Prov. Sumbar) itu dilakukan melalui penyampaian ekpose, wawancara dan peninjau lapangan.

Menurut Kepala Bagian Hukum dan Organisasi Setda Kabupaten Dharmasraya Masheri Yonda Boy, SH.MH, Puskesmas Koto Besar yang telah banyak membuat terobosan baru dalam pelayanan ma­syarakat tersebut di percayai mewakili Kabupaten Dharmasraya dalam Lomba Kompetensi Pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumbar tahun 2016 ini.

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

Aguswan salah seorang tokoh masya­rakat Koto Besar mengatakan, bahwa melihat kinerja unit kerja Puskesmas Koto Besar, di tambah lagi dengan kegiatan pengembangan kegiatan melalui berbagai inovasi pelayanan publik sangat menyentuh hati dan kepentingan masyarakat termasuk juga pelayanan terhadap warga suku anak dalam itu. “Kami yakin Puskesmas Koto Besar akan dapat meraih tempat terhormat dalam lomba kompetensi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumbar tahun ini,”katanya.

Ikut mendampingi tim penilai dari Provinsi Sumbar pada kesempatan itu Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Syahril, SH. Kepala Dinas Kesehatan drg. Erina, M. Kes. Kabag Hukum dan Organisasi Masheri Yonda Boy, SH. MH. Kabag Humas dan protokol diwakili oleh Drs. Dahruzal, MM. Sekcam Koto Besar Herman, SH. dan Wali Nagari Koto Besar. (h/mdi)

Baca Juga : Isi Galeri di Pekanbaru, Disperindag dan UKM Pariaman Siapkan 100 Kodi Mukena Tiap Bulan

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]