Peningkatan Kualitas Pendidikan Perlu Sinergisitas


Selasa, 03 Mei 2016 - 02:51:49 WIB

BENGKALIS, HALUAN — Bupati Beng­kalis, Amril Mukminin menga­takan, keber­hasilan pembangunan dan peningkatan kualitas pendidikan membutuhkan si­nergisitas antar ber­bagai komponen dan kesepahaman visi seluruh pemangku kepen­tingan.

Komponen pendidikan dimaksud, kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, adalah siswa sebagai input, sarana prasarana, serta proses atau metode pem­bela­jaran, merupakan sebuah sistem yang akan menentukan kualitas lulusan setiap peserta didik.

“Sedangkan pemangku ke­pen­tingan terkait, seperti siswa, guru, kepala se­kolah, wali murid, masya­rakat, dinas terkait dan pemerintah daerah. Semuanya harus sevisi dan bersinergi, sehingga semakin mem­perlancar dan memper­mudah pen­capaian tujuan pendidikan, baik tujuan akademis maupun pem­ben­tukan moral,” ujar Amril, ketika meng­hadiri pemancang tiang perta­ma pem­bangunan gedung serba guna dan s­e­kretariat Yayasan Prajnamitra Maitreya (YPM) Cabang Bengkalis di Komplek Sekolah Dharma Maitreya, Jalan Wo­no­sari Tengah, Desa Wo­nosari, Sabtu (30/4).

Amril mengajak seluruh keluarga besar YPM, khususnya Cabang Beng­kalis men­jadikan kegiatan seremonial itu untuk semakin memperkuat tekad dan keinginan, untuk bersama-sama berbuat dan mem­berikan yang terbaik, bagi percepatan keberhasilan pem­bangunan.

“Khususnya di bidang pendidikan di Kabupaten Bengkalis. Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bengkalis, senantiasa memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi partisipasi masya­rakat,” ajak Amril.

Di samping itu, salah satu pemang­ku kepentingan yang turut menen­tukan terca­pai tidaknya pencapaian tujuan pendidikan, adalah masya­yakat.

Peran masyarakat di era seka­rang adalah harus menjadi fasilitator dalam menunjang pelaksanaan pen­didikan. Ikut serta dalam menye­lenggarakan pen­didikan swasta.

Kemudian, membantu pengadaan tena­ga, sarana dan prasarana, serta membantu mengembangkan profesi, baik secara langsung maupun tidak langsung. (h/hr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:02:19 WIB

    Disnakertransduk Riau: Anggarkan Rp30 M untuk Peningkatan Kualitas SDM

    Disnakertransduk Riau: Anggarkan Rp30 M untuk Peningkatan Kualitas SDM Pekanbaru, Haluan — Ke­pala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kepen­du­du­kan (Disna­ker­tran­s­duk) Pro­vinsi Ri­au, Rasidin, sebut ada­kan pelatihan dalam rangka pe­ningkatan kualitas Sumber Daya M­anusia (.
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 04:30:32 WIB

    Peningkatan Jalan Lintas Desa tak Jelas

    PANGKALAN KERINCI, HALUAN — PT Arara Abadi dianggap semakin tidak serius dengan persoalan peningkatan jalan sepanjang 13 km, yang melintasi satu kelurahan dan tiga desa di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Ria.
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:52:08 WIB

    Masyarakat Beting Berharap Peningkatan Status Pelabuhan

    BETING, HALUAN — Masyarakat Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, sangat berharap perbaikan dan peningkatan status pelabuhan. Lokasi Pelabuhan Desa Beting salah satu pelabuhan yang dilintasi trayek kapal penumpang Dumai-.
  • Ahad, 03 Mei 2015 - 18:08:56 WIB

    Disdikbud Riau Pacu Peningkatan Kualitas SDM

    PERINGATAN HARDIKNAS 2015

    PEKANBARU, HALUAN — Momen Hardiknas tahun 2015, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau akan berupaya untuk memacu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]