Dugaan Korupsi kasus BBM TA 2013

Kadinkes Anabas Ditangkap Polisi


Selasa, 03 Mei 2016 - 02:52:22 WIB
Kadinkes Anabas Ditangkap Polisi

ANAMBAS, HALUAN — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ke­pulauan Anambas (Dinkes KK­A), Said Moch Damri ditang­kap Polres Natuna, Sabtu (30/4). Pe­nangkapan tersebut, usai Polres Natuna menetapkannya bersama dua bawahannya, Syariffuddin dan Yuri Dextarius sebagai tersangka kasus Dugaan korupsi Anggaran Pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Servis dan Suku cadang (Puskesmas Keliling) Puskel tahun anggaran 2013  dengan kerugian negara men­capai Rp1,2 M.

Dalam kasus tersebut, Said seba­gai kepala Dinas bertugas sebagai Pengguna Anggaran (PA) dan Pejabat Pe­m­buat Komitmen (PPKom), se­dangkan Syariffudin sebagai Pejabat Penerima Hasil Barang (PPHB), sementara Yuri kala itu sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Da­ri sumber informasi yang dihimpun koran ini, modus yang dilakukan dalam kasus korupsi ter­sebut, terdapat tiga paket penga­daan BBM atau pelumas, jasa servis dan ketika suku cadang, dari nominal untuk pengadaan BBM lebih kurang Rp2 M. Sedangkan servis sekitar Rp600 juta, suku cadang 400 dengan total Rp3,1 M. Dari paket tersebut, maka kerugian negara mencapai Rp1,2 M.

Untuk pengadaan BBM mele­kakukan pembayaran do reel ke agen, namun diduga saat SPJ terjadi mark up, kemudian dua proyek lain juga diduga fiktif.

Baca Juga : Grand Launching COE Pariaman Festival 2021 Dihelat di Pekanbaru

Seperti diketahui, sejak tahun 2010 sejumlah pejabat di dinas ke­sehatan berakhir di hotel prodeo akibat kasus korupsi sejak 2010 kepala dinas pertama, Sofyan SKM dan dr Tajri juga ditangkap akibat kasus korupsi  alat kesehatan.

Pihak Polres Natuna yang dikon­firmasi belum dapat memberikan ke­terangan, Kasat Reskrim Natuna lang­sung mengarahkan ke Kapolres Na­tuna, Kapolres Natuna AKPBP Amozon sendiri masih belum dapat dihubungi.

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Sumbar Butuh Kepedulian Semua Elemen

Said Dibawa Pakai Ambulance

Dari pantauan di lapangan se­kitar Pukul 06.35 WIB, terlihat sejumlah anggota Reskrim Natuna yang berada di Pelabuhan Pemda, duduk sambil minum kopi dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Doris Pasaribu. Tak lama kemudian, Said Damri lewat dan diajak duduk bersama anggota Polres dan disitu telah ada Yuri yang informasinya akan pergi ke Pulau Jemaja. Se­dangkan Said Damri rencananya pagi itu akan ke Tanjung Pinang, menggunakan Fery VOC Batavia.

Baca Juga : Emersia Water Park Siap Ramaikan Pariwisata Tanah Datar

Sekitar Pukul 09.15 WIB, akhirnya be­berapa tersangka tersebut dibawa meng­gunakan KM Bukit Raya ke Pol­res Natuna. Said sendiri terpaksa di­bawa menggunakan ambulance. (h/hk)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]