Disdik Riau Salurkan Soal UN SMP


Selasa, 03 Mei 2016 - 02:52:44 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan Provinsi Riau mulai menyalurkan soal-soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS/SMPT/SMP LB, se-Kabupaten Kota, Senin (2/5) hingga hari Rabu (4/5).

Sebab, pelaksanaan UN SMP/MTS Sederajat akan dimulai 9-12 Mei nanti. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pend­i­dikan dan Kebudayaan Provinsi Riau, Kamsol.

Untuk tahap pertama, kata Kamsol, pengiriman soal UN ke daerah yang jarak tempuhnya jauh, yakni Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya, Selasa (3/5) ke Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Pelala­wan, Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi. Terakhir Kota Pekanbaru pada tanggal 4 Mei.

“Soal UN kita kirimkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kota dengan pen­jagaan dari aparat kepolisian dan semua soal bersegel,” ujar Kamsol, kemarin.

Sementara itu, Ketua UN Provinsi Riau, Abdul Kadir mengatakan, untuk soal UN Paper Basic Test (PBT) yang disiapkan oleh pusat sudah mencukupi termasuk soal cadangan. Dan soal-soal UN tersebut pada tanggal 5 Mei sudah berada di tempat yang terdekat dari sekolah.

“Jadi mana tempat yang terdekat, seperti kantor lurah, camat atau ataupun dinas pendidikan terdekat kabupaten/kota, akan disimpan soal UN tentunya dikawal kepolisian. Sehari sebelum UN diserahkan ke masing-masing sekolah,” kata Abdul Kadir.

Selain UN PBT, untuk tingkat SMP juga ada lima sekolah yang mengadakan UN Computer Basic Test (CBT), yakni dua SMP di Kota Pekanbaru, SMPN 1 Pekanbaru dan SMP Cendana Pe­kanbaru. Sedangkan tiga dari Kota Dumai, SMPN 2 Dumai, SMPN Binaan Khusus Kota Dumai dan SMP San­totarcisiun Dumai.

“Untuk UN CBT jadwalnya sama dan hanya lima SMP itu saja dari Kota Pekanbaru dan Dumai,” tambahnya.

Untuk jumlah peserta UN PBT tingkat SMP se-Provisi Riau berjumlah 77.441 siswa, tingkat MTS 25.813 siswa, SMP LB 41 siswa dan tingkat SMP T 199 siswa. Sedangkan untuk jumlah siswa UN CBT sebanyak 950 siswa. (h/hr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 16 April 2016 - 05:03:16 WIB

    Disdik Kepri Diduga Tahan Dana Hibah

    TANJUNGPINANG, Haluan — Dinas Pendidikan Provinsi Kepri (Disdik Kepri) dituding menahan dan menghambat proses pencaian dana hibah sebesar Rp15 miliar yang dialokasikan untuk pendanaan Kam­pus Universitas Maritim Raja Ali H.
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:36:53 WIB

    Disdik Meranti Validasi Data Guru

    MERANTI, HALUAN—Ke­pala Dinas Pendidikan dan Kebu­dayaan Kabu­paten Ke­puluan Meranti M Arif MN mengaku pi­haknya masih melakukan va­lidasi data guru maupun se­kolah di tingkat SMA/ SMK yang akan segera diserahkan ke.
  • Jumat, 26 Februari 2016 - 02:14:38 WIB
    Belum Bayar Uang Sekolah

    Kadisdik: Siswa Jangan Dilarang UN

    PEKANBARU, HALUAN—Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menegaskan, kepada seluruh kepala se­kolah di Kota Pekanbaru, agar tidak melarang siswa untuk mengikuti ujian,lantaran be­lum bisa melunasi.
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 03:48:50 WIB

    Disdik Batam Siap Gelar UN Online

    BATAM, HALUAN—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mengaku telah siap menggelar ujian nasional (UN) online atau model Computer Bassist Test (CBT)..
  • Senin, 11 Januari 2016 - 02:45:01 WIB

    Disdik Tetapkan 13 Dewan Pendidikan Riau

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau telah me­ne­tapkan sebanyak 13 orang se­bagai Dewan Pendidikan Provinsi Riau masa bahkti 2016-2021. Penetapan na­ma tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Pelaks.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]