SDN 13 Pasar Remaja Bersiap Menuju Adiwiyata Mandiri


Selasa, 03 Mei 2016 - 02:55:46 WIB
SDN 13 Pasar Remaja Bersiap Menuju Adiwiyata Mandiri TAMAN flora dan fauna yang dimiliki Oleh SDN 13 Pasar Remaja. (RIKI)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Setelah berhasil meraih pre­dikat sebagai sekolah Adi­wiyata Nasional tahun 2013 lalu, SDN 13 Pasar Remaja, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto mulai ber­benah dan mempersiapkan diri menuju sekolah Adiwiyata Mandiri. Diantara tugas dan tanggung jawab menuju se­kolah Adiwiyata mandiri, SDN 10 Tanah Lapang harus mengimbaskan program se­kolah Adiwiyata pada 10 se­kolah lainnya.

“Saat ini ada 11 Sekolah yang telah menjadi binaan SDN 13 Pasar Remaja, dari 11 sekolah dasar itu ada yang telah meraih predikat Adi­wiayata Nasional, Provinsi dan tingkat Kota Sawahlunto sen­diri,” kata Hasriwati, Kepala Sekolah SDN 13 Pasar Re­maja kepada Haluan.

Baru baru ini sebutnya, tepatnya di tahun 2013 tiga sekolah binaan SDN 13 Pasar Remaja berhasil meraih pre­dikat Sekolah Adiwiyata ting­kat Nasional, diantaranya SDN 10 Ranah Lapang Keca­matan Lembah Segar, SDN 05 Kolok Mudik Kecamatan Ba­rangin dan SDN 12 Kubang kecamatan Lembah Segar.

Hasriwati menambahkan, ada empat program yang di­im­baskan kepada sekolah binaan menuju adiwiyata man­diri tersebut diantaranya kebijakan berwawasan ling­kungan, agar sekolah binaan visi, misi dan tujuan sekolah harus mengacu kepada kegi­atan berwawasan lingkungan.

Program kedua lanjutnya, mengimplementasikan pada pembelajaran tentang wawa­san lingkungan, Rencana Pe­laksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru dan media pembelajaran yang digunakan dikelas harus me­ngacu pada kegiatan berwa­wasan lingkungan.

Dan yang tidak kalah pen­tingnya program parti­sipatif semua elemen, orang tua, komite masyarakat dan pe­merintah dan lainnya, disini sekolah dituntut untuk men­jalin kerjasama dengan dinas atau instansi terkait seperti dinas pertanian, di­nas kese­hatan dan dinas lingkungan hidup serta lain­nya yang ber­kaitan dengan pendidikan.

“Sarana dan prasarana pendukung, masing masing sekolah adiwiyata harus punya bak sampah yang terpisah antara organik dan non or­ganik serta pengelolahan sampah sendiri seperti bank sampah.Memiliki areal hijau atau green garden, tanaman obat keluarga (toga), peng­hijauan, galeri barang bekas, pengomposan, bioferi, sumur resapan dan penampungan air,” katanya lagi.

Untuk menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri itu lan­jutnya, tidaklah mudah dan hal tersebut perlu mendapat dukungan dan kerjasama selu­ruh pihak yang terkait ,baik antara warga sekolah dan masyarakat sekitar, serta pem­binaan dari dinas terkait dian­taranya BLH dan Dinas Pen­didikan akan sangat menen­tukan pada penilaian nan­tinya.(h/mg-rki)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 April 2017 - 00:12:32 WIB
    DI RRI BUKITTINGGI

    SDN 03 Pakan Kurai Pukau Penonton

    SDN 03 Pakan Kurai  Pukau Penonton BUKITTINGGI, HALUAN – Sanggar Seni Carano Perak SD Negeri 03 Pakan Kurai Bukittinggi tampil memukau penonton pada acara pergelaran seni dan budaya dalam rangka malam mengenang 138 tahun RA Kartini yang digelar RRI Bukittin.
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:29:52 WIB

    SDN 03 Nan Sabaris Terbaik Lomba Bintang Sains

    SDN 03 Nan Sabaris Terbaik Lomba Bintang Sains PADANG PARIAMAN, HALUAN -- Siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Nan Sabaris, Sagita Dwi Hanum Syaputri (12) menjadi yang terbaik pada lomba bintang sains antar SDN se-Kabupaten Padang Pariaman, yang diselenggarakan pada 10 Apr.
  • Jumat, 16 September 2016 - 14:35:49 WIB

    Miris! Atap SDN 45 Pessel Ambruk, Pustaka dan Guru Penjaskes Tidak Ada

    Miris! Atap SDN 45 Pessel Ambruk, Pustaka dan Guru Penjaskes Tidak Ada PAINAN, HALUAN - Atap dan plafon gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 45 Pulau Karam, Kecamatan koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ambruk..
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 02:59:34 WIB

    SDN 13 Pasar Remaja Satu-satunya Sekolah Adiwiyata Mandiri

    SDN 13 Pasar Remaja Satu-satunya Sekolah Adiwiyata Mandiri SAWAHLUNTO, HALUAN — Setelah dua tahun berstatus sekolah Adiwiyata Nasional, kini Sekolah Dasar Negeri 13 Pasar Remaja Sawahlunto berhasil meraih Adiwiyata Mandiri 2016, dan satu-satunya di ‘Kota Arang’..
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 03:42:56 WIB

    Siswa SDN 05 Tarok Dipo Wakili Sumbar

    BUKITTINGGI, HALU­AN — Salah satu siswa SDN 05 Tarok Dipo, Kecamatan Guguk Panjang, Adam Mah­da Fikia berhasil meraih peringkat pertama dalam ajang FLS2N tingkat Sumbar yang berakhir Minggu lalu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM