15 Titik Bencana Mulai Dikerjakan


Selasa, 03 Mei 2016 - 02:56:28 WIB
15 Titik Bencana Mulai Dikerjakan SALAH satu titik bencana yang mulai dikerjakan di Sawahlunto. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Lima belas titik bencana di Kota Sawahlunto mulai diperbaiki dengan meng­gunakan ýDana Siap Pakai, dengan total anggaran Rp­4,6 miliar. Perbaikan terse­but, merupakan tanggap darurat menuju pemulihan.

Kelimabelas titik ben­cana itu terjadi setelah ben­cana banjir yang menimpa Desa Talago Gunung, Kolok Mudik, Kolok Nan Tuo, Desa Lumindai, Balai Batu Sandaran, Kelurahan Sa­ringan, dan Desa Muaro Kalaban serta Silungkang Duo.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

“Tanggap darurat me­nuju pemulihan ini sudah dimulai pekan kedua April lalu, seiring dengan tu­run­nya anggaran dari pusat,” ujar Kepala Badan Kes­bangpol dan Penanggu­la­ngan Bencana Daerah Sa­wahlunto, Azwen kepada Haluan, Senin (2/5).

Menurut Azwen, 15 titik pekerjaan bencana dila­kukan dengan sistem penun­jukan langsung, dengan me­libatkan pihak ketiga. ý

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Badan Penanggulangan Bencana Daerah sendiri, lanjut Azwen, hanya punya dana emergency untuk eva­kuasi dan bantuan logistik saja. Sedangkan penanga­nan fisik dengan dana yang lebih besar, diusulkan ke pusat.

“Daerah tentu ingin pe­lak­sanaan perbaikan di lo­kasi bencana dapat dilak­sanakan secepat mungkin. Namun, tentu saja harus melewati proses pengajuan ke pemerintah pusat,” tam­bah Azwen. (h/dil)

Baca Juga : Mengenal M. Irfan Monaf dan Rihhadatul Aisya Yube, Pemenang Duta GenRe Solsel 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]