Bupati Buka MTQ Kecamatan Lembang Jaya


Selasa, 03 Mei 2016 - 03:01:40 WIB
Bupati Buka MTQ  Kecamatan Lembang Jaya BUPATI Solok Gusmal melepas pawai alegoris kontingen, menandai dibukanya MTQ ke-37 tingkat kecamatan Lembang Jaya, Jumat (29/4). (YUTIS WANDI)

Arosuka, Haluan — Pelaksanaan Musabaqah tilawatil Quran (MTQ) se­jatinya menjadi momentum peningkatan kesadaran dan pemahaman akan nilai-nilai yang terkandung dalam Al­quran. Namun dalam pelak­sanaannya, MTQ hanya men­jadi ajang kompetisi untuk mencari juara semata, sehingga sasaran yang hen­dak dicapai untuk men­dorong masyarakat dan ge­ne­rasi muda rajin mem­perdalam isi kandungan Alquran itu sendiri kerap dikesampingkan.

“MTQ harusnya men­jadi momentum bagi kita dan generasi muda, untuk belajar, menggali dan meng­amalkan isi kandungan Al­qur’an,” kata Bupati Solok H. Gusmal, saat membuka MTQ Nasional ke-37 ting­kat Kec Lembang Jaya di Halaman Kantor Walinagari Batu Banyak, Jumat (29/4) kemaren.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

Dihadapan Kepala Kan­tor Kemenag Kabupaten Solok, Drs Kardinal, Kabag Kesra, Drs H. Suharmen, Camat Lemabang Jaya, Syah­rial, Walinagari Batu Banyak, Daltoni Mandra, kontingen peserta MTQ dan masyarakat Lembang Jaya, Bupati menegaskan pelak­saan MTQ sekaligus meru­pakan implementasi dari pembangunan masyarakat menuju terwujudnya Ka­bupaten Solok sebagai dae­rah yang maju dan madani yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak ba­sandi Kitabullah sebagai­mana tertuang dalam empat Visi empat pilar pem­bangu­nan daerah lima tahun men­datang.

Membangun masyarakat yang madani dan mandiri itu, kata Gusmal, tak hanya cukup dengan mengan­dal­kan kecerdasan dalam ilmu pengetahuan semata. Kare­nanya, mesti ditunjang de­ngan kemampuan dan ke­cer­dasan emosional yang berlandaskan kepada iman dan taqwa. “Potensi ini ha­nya bisa dimaksimalkan dengan memperbanyak pendidikan keagamaan di tengah masyarakat, seperti membudayakan membaca Alquran dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan Magrib mengaji,” jelasnya.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Untuk menunjang itu, pihaknya meminta kepada walinagari untuk mem­be­rikan perhatian kepada para guru mengaji di surau atau­pun di mesjid dengan me­menuhi kebutuhan yang diperlukan dalam me­nun­jang proses pembelajaran. Sementara itu kepada ma­sya­rakat, Bupati meminta untuk mendukung kegiatan keagamaan di daerah itu, dengan mendorong anak-anak memperdalam ilmu Alquran.  (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]