Hari Ini, Gubernur Buka TMMD di Salimpaung


Selasa, 03 Mei 2016 - 03:32:17 WIB
Hari Ini, Gubernur Buka TMMD di Salimpaung Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro didampingi Kasdim Mayor Arioko, Kepala Dinas Taskin dan PMKB Tanah Datar Hernita Zaliarti saat meninjau persiapan pembukaan TMMD ke 96 tahun 2016 di Salimpaung. (FERRY MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Gubernur Sum­bar Irwan Prayitno hari ini membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar hair ini, Selasa (3/5).

TMMD merupakan op­e­rasi Bhakti TNI yang dla­k­sanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Ke­mentrian, Pemda dan kom­ponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam per­ce­patan pembangunan daerah.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 647 Kasus

Agenda yang ber­tema­kan semangat ke­manung­galan serta kerjasama lintas sektoral dan komponen bangsa, mewujudkan per­cepatan pembangunan desa untuk meningkatkan ke­sejahteraan rakyat.

Dandim 0307 Tanah Da­tar Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro didampingi Kas­dim Mayor Arioko, Kepala Dinas Taskin dan PMKB Tanah Datar Hernita Za­liarti saat meninjau per­siapan pembukaan TMMD ke 96 tahun 2016 di Salim­paung  mengatakan, TMMD Kodim 0307 Tanah Datar tahun ini dipusatkan di Kecamatan Salimpaung ya­ng meliputi tiga nagari di­an­tara­n­ya Nagari Salim­paung, Supayang dan Nagari Lawang Mandahiling, dilak­sanakan selama 30 hari mulai tanggal 3 Mei hingga 1 Juni nanti. Rencana Ba­pak Gubenur Sumatera Ba­rat Irwan Prayitno akan membuka langsung di la­pangan sepak bola Nagari Salimpaung,” sebut Dandim Bagus.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 22 Orang dan Sembuh 30 Kasus

Dikatakan Dandim, sa­saran TMMD ke 96 ini mencakup pembangunan fisik dan non fisik, untuk pembangunan infrastruktur meliputi pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 3,4 kilometer di Jorong Nan Duo Suku Nagari Sa­lim­paung, pembuatan sa­luran irigasi sepanjang 8.98 meter di Jorong Nan Duo Suku dan di Nagari Salim­paung. “Kita juga merehab 13 unit rumah tidak layak huni yang masing-masing 4 unit di Nagari Salimpaung ,5 unit di Supayang dan 4 unit di Nagari Lawang Man­dahiling dan kita juga me­rehab 2 unit mushala dan 2 unit MCK di Nagari Salim­paung. Untuk non fisik menyelenggarakan pen­yu­luhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan dan bimbingan per­ko­pe­rasi­an, pemberian bantuan dan dana bergulir pada usa­ha kecil dan sosialisasi Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang per­lindungan konsumen oleh Kadis Koperindagpastam,” sebut Dandim Bagus.

Selain itu, juga diadakan pelayanan KB Kecamatan, klinik KB atau Posyadu, pelayanan KB tingkat Kabu­paten sekaligus penyuluhan oleh Kepala Badan Taski dan PMKB Tanah Datar, pe­mu­taran film tentang kesehatan oleh kepala Di­nas Kesehatan Tanah Datar, penyuluhan gerakan sayang hutan dan pelestariannya oleh Kepala Dinas Per­tanian, Perke­bunan dan Kehutanan Tanah Datar, penyuluhan hukum, nar­koba, lalu lintas dan Pekat serta Kamtibmas oleh Ka­pol­res Tanah Datar dan berbagai penyuluhan-lainnya.

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Dandim juga me­nga­takan, TMMD tahun ini melbatkan 150 personil yang terdiri dari Dansatgas 1 orang, Wadan Satgas 1 orang dan 13 orang staff satgas, kemudian tim asis­tensi Kodim 0307 Tanah Datar 2 orang, dari Polres Tanah Datar 2 orang ,1 ora­ng dari Denzibang Padang dan 20 orang dari Pemkab Tanah Datar. Personil sa­tuan setingkat Kompi 11 orang dari Personil  Kodim 0307, 60 orang dari Pers Yonif 131/Brs, 20 orang dari Denzipur 2/PS, 3 orang dari Denzibang Padang, 3 orang dari Denkesyah 01, 04 dan 5 orang dari TNI AU, 5 orang dari TNI AL dan 2 orang dari Denpom serta 1 orang dari Denhub, sebut Dandim.

Sebelum TMMD ter­se­but dibuka, Kodim juga telah melakukan pra TM­MD yang telah berlangsung sejak satu bulan terakhir untuk me­mulai sebagian kegiatan itu dan peman­tapan persiapan, diren­cana­kan agenda ter­sebut nanti akan langsung ditutup oleh Kepala Satuan TNI AD. TM­MD tahun di Sumbar dilak­sanakan di dua daerah yaitu Kabupaten Ta­nah Da­tar dan di Pasaman. (h/fma)

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]