Ujian TPA Saat Hari Libur Dikeluhkan


Selasa, 03 Mei 2016 - 03:41:11 WIB
Ujian TPA Saat Hari Libur Dikeluhkan

PADANG, HALUAN—Ujian Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang digelar waktu libur nasional atau tanggal merah menuai protes wali murid. Sejumlah TPA yang diminta konfirmasi kemarin (2/5) me­ngaku memiliki berbagai per­timbangan, yang kesemuanya itu untuk kepentingan murid sendiri.

Salah satunya TPA yang ada di Tunggul Hitam tepatnya Masjid Al Hidayah, pengelola mengaku ujian dilaksanakan memang sudah waktunya dilak­sanakan ujian TPA.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

“Memang sudah waktunya ujian TPA. Lagi pula libur panjang ini akan meringankan siswa juga,”urai Ihsan pe­ngelola TPA.

Ia menambahkan, jika di­lak­sanakan di waktu libur de­ngan pertimbangan akan me­ngurangi waktu sekolah siswa di sekolah formal. Karena jadwal di sekolah normal cukup padat, sehingga dengan di­tambah ujian TPA siswa ke­sulitan.

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

“Makanya digelar waktu libur, ini untuk siswa juga. Saya berharap untuk keagamaan janganlah ada lagi wali murid yang keberatan lagi,” tan­dasnya.

Hal yang sama juga akan digelar Masjid Nurul Huda Siteba. Walaupun waktu libur ujian akan tetap digelar dan itu sudah diberitahukan kepada orang tua murid.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 28 Februari 2021

“Kalau wali murid kom­plein mungkin kami tidak akan adakan ujian TPA ini. Se­per­tinya di Siteba ini wali murid mendukung saja,”kata Ali guru TPA Masjid Nurul Huda.

Salah seorang Wali Murid TPA di Masjid Nurul Huda Amel mengatakan libur pan­jang seperti tanggal 5-6 Mei jarang terjadi. Makanya seba­gian  orang tua mempersiapkan liburan.

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

“Jika boleh meminta dan mengusulkan saja. Kan jarang-jarang libur panjang. Apalagi bagi ASN libur itu jarang sekali untuk bisa pulang kampung. Makanya diusulkan,”tandas Amel.

Sementara itu Kabag Kesra Kota Padang Al Amin menga­takan ujian TPA ketika libur tidak masalah, walaupun untuk jadwal ujian TPA memang tidak ada hubungannya dengan Pemko. Itu kewenangan dari masing-masing TPA, sehingga ujian diserahkan ke TPA yang bersangkutan.

“Saya pikir guru TPA punya pertimbangan sendiri terkait dengan ujian TPA ini. Justru dengan ujian TPA di waktu libur sekolah bagus untuk per­kembangan  anak. Mereka tidak terbenani lagi dengan banyak tugas, jadi bisa leboh fokus untuk ujian TPA sa­ja,”urai Al Amin.

Ia menambahkan, untuk kegiatan keagamaan orang tua diminta untuk mendukung penuh karena modal untuk kehidupan dunia dan akhirat nantinya.

“Lagi pula ujian TPA ini tidak tiap minggu dan tidak setiap tanggal merah. Kebe­tulan karena liburnya cukup banyak itulah TPA melak­sanakan ujian.

Sebagai orang tua saya berharap berilah dukungan untuk generasi Kota Padang. Karena walikota sedang meng­galakkan berbagai kegiatan keagamaan salah satunya salat subuh berjamaah bagi pelajar. Itu suatu bentuk pelatihan mental bagi anak-anak,”tutup Al Amin.(h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]