Ninik Mamak Cegat Pengolahan Tanah Ulayat Nagari


Selasa, 03 Mei 2016 - 19:40:23 WIB
Ninik Mamak Cegat Pengolahan Tanah Ulayat Nagari Ninik Mamak Nagari Gunung, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur sedang musyawarah

PADANG PANJANG, HALUAN-Ninik Mamak Nagari Gunung, Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur mencegat pengolahan lahan di atas tanah ulayat nagari Gunung. Pasalnya, pengerjaan lahan oleh kelompok tani di Kelurahan, Kampung Manggis, Padang Panjang Barat itu diduga tidak ada izin Ninik Mamak Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunung. 

Informasi yang dihimpun Haluan di lokasi kejadian, pencegatan pengolahan lahan diatas tanah ulayat Nagari Gunung tersebut terjadi saat beberapa kelompok tani serta masyarakat di Kelurahan Kampung Manggis, juga melibatkan stoke holder Pemerintahan Kota (Pemko) Padang Panjang Minggu (1/5) lalu.

Baca Juga : Leonardy Tegaskan Penggunaan Anggaran untuk Pembangunan

Kedatangan segenap ninik mamak ke lokasi penggarapan lahan tersebut menegaskan pengerjaan lahan dapat dihentikan sebelum ada kejelasan dari Pemko.  “Pengerjaan kita hentikan, karena permintaan ninik mamak KAN Gunung,” ujar salah serorang  warga setempat mengaku bernama Nal (35) memberikan keterangan kepada Haluan di lokasi kejadian.(h/mg-pis)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]