Tingkatkan Hasil Pertanian

2.350 Hektar Jaringan Irigasi Diperbaiki


Rabu, 04 Mei 2016 - 05:15:59 WIB
2.350 Hektar Jaringan Irigasi Diperbaiki Ilustrasi.

AGAM, HALUAN — Lebih kurang sebanyak 2.350 hektar jaringan irigasi di Kabupaten Agam bakal di perbaiki pada tahun 2016. Perbaikan tersebut bertujuan meningkatkan hasil pertanian serta membantu petani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (Disper­tahor­nak) Kabupaten Agam Ir. Afdhal didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyediaan Lahan dan Alsintan I Gede Nyoman Selasa, (3/5) menga­takan, kegiatan Ini meru­pakan kelanjutan dari per­baikan irigasi sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2015 seluas 7.400 hektar.

Baca Juga : Peroleh DAK Rp11 Miliar, DPUTR Agam Rehab 10 Paket Jaringan Irigasi

Menurutnya, perbaikan tersebut nantinya bakal dila­kukan oleh 46 kelompok tani pemakai air. Pada prinsipnya perbaikan tersebut bertujuan agar jaringan irigasi usaha tani padi yang berada di 16 keca­matan menjadi lancar.

“Pemerintah Kabupaten  Agam, akan memperbaiki jaringan irigasi. Perbaikan irigasi ini akan bermanfaat besar bagi para petani. Saat ini, dalam proses pencairan dana dan dilaksanakan selama tiga bulan dimulai pada Mei sampai Juli 2016,” katanya.

Baca Juga : BLK Agam Gelar Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti

Ia menjelaskan, dana yang digunakan untuk perbaikan irigasi tersebut  berasal dari Anggaran Pendapatan Belan­ja Negara (APBN) Peme­rintah Pusat pada tahun 2016 sekitar Rp3,7 miliar. Dalam kelompok tani pelaksana ke­giatan ini Pihaknya telah melakukan survei, penetapan lokasi, Survei Investigasi Di­sain (SID), dokumen peren­ca­naan, surat perjanjian ker­ja­sama, transper uang kegia­tan.

“ Untuk menentukan 46  kelompok tani berdasarkan surat keputusan  pembuat komitmen No. 521.4/60/sk-PSP/2016 mengenai peneta­pan kelompok tani pemanfaat rehabilitasi jaringan irigasi mendukung tanaman pa­ngan,” jelasnya.

Baca Juga : Rusma Yul Anwar: Pembangunan Harus Terukur

Dikatakannya, dalam per­ja­lannanya nanti dinas akan melakukan evaluasi dan mo­nitoring serta melaporkan hasil perkembangan pelak­sanaan ke Pemerintah Pro­vinsi. Secara umum setiap perbaikan sasarannya untuk meningkatkan produktifitas hasil serta bermanfaat bagi para petani. (h/yat)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]