Dekatkan Pelayanan, Disdukcapil Agam ‘Jemput Bola’


Rabu, 04 Mei 2016 - 05:18:43 WIB
Dekatkan Pelayanan, Disdukcapil Agam ‘Jemput Bola’ Bupati Agam Indra Catri memberi kata sambutan pada Penilaian Kompetensi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat terhadap (Disdukcapil).

AGAM, HALUAN — Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam menggratiskan seluruh pelayanan dokumen kependudukan sejak tahun 2006.

Selain memberikan pelayanan gratis, un­tuk mendekatkan pelayanan, petugas Dis­dukcapil juga melakukan upaya “jemput bo­la” dengan mendatangi masyarakat ke na­ga­ri yang jauh dari Lubuk Basung secara ber­gi­li­ran. Hal itu disampaikan Bupati Agam Indra Catri saat menerima Tim Penilai Kompe­tensi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelaya­nan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 di aula kantor bupati setempat, Senin (2/5) yang diketuai Dahnil Aswad dengan anggota Ria Ariani, Rasul Hamidi, Yasri Elfian dan Alfi Fahremi.

“Pelayanan gratis itu seperti pembuatan kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat pindah ke dan dari Agam, akte kelahiran, akte kematian, perubahan nama, akta penceraian, akta perkawinan dan pengurusan penggantian KTP foto kabur atau rusak,”jelasnya.

Untuk melayani warga pada 10 keca­matan di wilayah Agam Timur Disdukcapil juga membuka unit pelayanan di Belakang Balok Bukittinggi. Kepala Disdukcapil Agam, Misran mengungkapkan, pada dua tahun terakhir ini tercatat pelayanan ‘jemput bola’ untuk penerbitan akta kelahiran sebanyak 1.917 orang di tahun 2014 dan 3.137 orang tahun 2015. Sedangkan pener­bitan kartu keluarga sebanyak 978 KK tahun 2014 dan 1.932 KK tahun 2015. 

“Jika kita asumsikan setiap masyarakat yang berurusan tersebut mengeluarkan ongkos Rp100.000 per orang untuk biayan­nya ke Lubuk Basung, maka lebih kurang Rp796.400.000 pengeluaran masyarakat tersimpan dalam kurun waktu dua tahun itu. Inilah diantaranya wujud bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat” kata Misran.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Dahnil Aswad mengatakan, secara umum tingkat kepuasan masyarakat terha­dap pelayanan antara lain, adanya kemu­dahan, tidak makan waktu lama dan hemat biaya. (h/ks)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM