87 Voter PSSI Minta KLB


Rabu, 04 Mei 2016 - 05:41:10 WIB
87 Voter PSSI Minta KLB Ilustrasi.

Jakarta, Haluan — Dorongan untuk menggelar Kongres Luar Biasa semakin bertambah besar. Dipimpin Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, sebanyak 87 voter meminta  Kongres Luar Biasa (KLB) dihelat. Secara resmi 87 pemilik suara di PSSI itu sudah mengajukan dukungan untuk digelarnya KLB. Mereka telah menyerahkan surat yang ditandatangani sebagai bukti mendukung KLB.

Seluruh 87 anggota PSSI tersebut menyambangi kantor PSSI di Senayan, Jakarta, Selasa (3/5). Mereka menamakan diri sebagai Kelompok 85 (K-85), yang ditemui Pengurus PSSI yang diwakili oleh Sekjen Azwan Karim. Nama Kelompok 85 dipilih karena pada awalnya ada 85 voter yang mendukung digelarnya KLB, meski kemudian jumlahnya bertambah dua voter lagi.

Baca Juga : Uji Coba Timnas Indonesia Alami Perubahan

Dalam pernyataanya, Manajer Persib, Umuh Muchtar, yang memimpin pertemuan tersebut, mengaku dia dan anggota PSSI lainnya mendesak PSSI untuk segera menggelar KLB, karena merasa sudah lelah menjalani kondisi sepakbola saat ini.

Mereka yang mendukung KLB tersebut terdiri dari 28 dari Asprov, 13 klub ISL, 14 Divisi Utama, 13 divisi 1, 17 Liga Nusantara, dan 2 asoasi. Seluruhnya telah menyerahkan tanda tangan sebagai bukti mendukung KLB.

Baca Juga : Timnas Indonesia Persiapan SEA Games 2021 Menjalani Vaksinasi

Sesuai statuta, jumlah 87 voter tersebut sudah cukup bagi PSSI untuk menggelar KLB. Dalam aturan ditetapkan kalau KLB dapat digelar jika didukung oleh 2/3 pemilik voter atau 50 voter plus 1 anggota Komite Eksekutif. Saat ini tercatat ada 106 pemilik suara (voter) PSSI.

Berikut pernyataan deklarasi dari 85 anggota PSSI:

Baca Juga : Pelatih Favorit dan Kemandirian Ala Pemain Garuda Select Saat di Inggris

1. Sejak KLB 18 April 2015 di Surabaya hingga sekarang kepengurusan PSSI periode 2015/2019 tidak dapat menjalankan kewajiban organisasi yaitu melaksanakan Kongres Tahunan 2016 yang seharusnya menjadi forum tertinggi organisasi untuk mencari solusi terbaik sehingga PSSI bisa keluar dari kesulitan organisasi yang terjadi saat ini

2. Bahwa pengurus PSSI, khususnya ketua umum PSSI saat ini dalam status hukum (tersangka) bahkan DPO, kami melihat adanya pelanggaran terhadap kode etik PSSI khususnya di pasal 3 ayat 1, 2 dan 3 yang berisi tentang prinsip dasar dari integritas pengurus PSSI yang telah dilanggar oleh Ketua Umum PSSI

Baca Juga : Ini Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Eropa 2020-2021: Napoli dan Bayer Leverkusen Tersingkir

3. Bahwa kami menegaskan kembali tentang integritas dan independensi dari PSSI sebagai sebuah organisasi yang memiliki harkat dan martabat sehingga kami me­man­dang perlu dilakukan tindakan penyelamatan terhadap organisasi PSSi

4. Bahwa berdasarkan Pasal 30 ayat 2 statuta PSSI, maka kami sebagai anggota sekaligus delegasi Kongres PSSI, meminta dilakukannya KLB segera dengan agenda pemilihan komite eksekutif PSSI (Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif). (h/dtc)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]