120 Mahasiswa Terima Beasiswa BI


Rabu, 04 Mei 2016 - 05:54:46 WIB
120 Mahasiswa Terima Beasiswa BI REKTOR IAIN IB Padang Eka Putra Wirman dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Puji Atmoko memperlihatkan naskah MoU tentang program beasiswa untuk IAIN IB Padang, Senin, (2/5). (HUMAS)

PADANG, HALUAN —Ba­nk Indonesia (BI) Per­wa­kilan Sumbar menjalin kerja sama dengan  IAIN Imam Bonjol Padang dalam bi­dang beasiswa. Dalam pro­gram tersebut sedikitnya 120 orang mahasiswa ber­prestasi namun kurang ma­mpu di bidang ekonomi dibantu oleh Perwakilan Bank Indoesia (BI) Sumbar melalui program beasiswa. Perjanjian kerjasama ini dipimpin langsung Kepala BI Perwakilan Sumbar Puji Atmoko dengan Rektor Eka Putra Wirman, Senin (2/5).

Tahun ini, perguruan tinggi di Kota Padang yang dibantu adalah IAIN Imam Bonjol Padang, Unand dan UNP. Setiap perguruan ting­gi ini akan dibantu sebanyak 40 orang per perguruan tinggi dengan jumlah bantu­an perorangnya Rp500 ribu permahasiswa dan akan diterima setiap bulannya selama dua semester.

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

Puji Atmoko me­nga­takan, kerjasama ini pada dasarnya adalah bentuk ke­pe­dulian pihak Perbankan terhadap mahasiswa yang punya Indek Prestasi Ku­mulatif (IPK) tiga sampai dengan empat. Tapi, maha­siswa itu kategorinya ku­rang mampu dalam eko­nomi tapi di bidang aka­demik berprestasi. Proses pencarian beasiswa itu sepe­nuh­nya diserahkan kepada pihak institusi tempat ma­ha­siswa tersebut menuntut ilmu dengan adanya sebuah rekomendasi.

“Apa yang diberikan Ba­nk Indonesia sebagai lem­baga negara pada tahun ini, pada dasarnya salah satu perhatian pemerintah untuk memajukan dunia pen­didi­kan di Indonesia. Maka, ada baiknya dunia perguruan tinggi itu bisa menghasilkan alumni-alumni yang ber­ku­a­li­tas. Tapi mekanismenya diserahkan kepada masing-masing perguruan tinggi yang bekerjasama tahun ini,” terang Puji.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

Rektor IAIN IB Padang, Eka Putra Wirman didam­pingi Warek III Alkhendra dan Warek II Firdaus ke­pada wartawan, Selasa, (3/5) di ruang kerjanya menga­takan, kalau beasiswa yang dikucurkan oleh Bank Indo­nesia Perwakilan Sumbar adalah salah satu bentuk kepedulian un­tuk pen­cer­dasan anak bangsa khusus­nya pendidikan tinggi Islam negeri. Target dari BI kali ini adalah untuk  menunjang pendidikan yang maha­sis­wa­nya lebih banyak dari kalangan kurang mampu.  

“Dan khusus di IAIN mahasiswanya secara umum memang berasal dari kurang mampu. Tapi prestasinya bisa membanggakan dalam sistem akademik. Harapan kita kiranya di masa-masa mendatang lebih diting­kat­kan lagi. Sehingga ada kesan bahwa kita betul-betul ingin mencetak kader bangsa yang lebih ber­se­mang­at dan ber­kualitas dalam dunia pen­didikan,” terang Eka.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

Khusus dari IAIN yang alih status menjadi UIN di tahun 2016, sebut  Eka Putra Wirman bantuan be­a­siswa yang diberikan tahun ini adalah secara umum dari lembaga perguruan tinggi Islam negeri, layaknya di­beri­kan apresiasi. Artinya proses pendidikan yang di­harapkan sukses dan akan memberikan pengem­bang­an mutu pendidi­kan, kua­li­tas dan kuan­ti­tas pen­didikan di Ranah Minang. (h/rel/eni)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]