Inovasi Pelayanan Publik

RSAM Bukittinggi Masuk 99 Terbaik


Sabtu, 07 Mei 2016 - 02:37:43 WIB
RSAM Bukittinggi Masuk 99 Terbaik RSAM Bukittinggi jl. Dr A. Rivai Bukttinggi.

BUKITTINGGI, HALUAN—Kementerian Pen­dayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan pia­gam penghargaan “Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016” kepada Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Rumah Sakit Ach­mad Mochtar (RSAM) Bukittinggi.

Piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menpan-RB, Yuddi Chris­nandi kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada tanggal 31 Maret 2016 kemarin.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Penghargaan ini dibe­rikan sebagai bentuk apre­siasi dari Kemenpan RB atas inovasi Tigo Tungku Sajarangan sebagai upaya pengobatan TB MDR (Mul­ty Drugs Resistence) RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukit­tinggi.

Kabag Umum dan Hu­mas RSAM Eriyanto kepa­da Haluan mengatakan, penghargaan tersebut dibe­rikan kepada 99 peserta yang memenangkan kom­petisi inovasi pelayanan publik 2016 yang digelar oleh Kemenpan RB.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Kompetisi inovasi pela­yanan publik tahun 2016 selain diikuti oleh  seluruh instansi pemerintah se-In­do­nesia, juga diikuti oleh  sejumlah BUMN dan BU­MD.

“Alhamdulilah untuk di Sumbar RSAM Bukittinggi yang mendapatkan peng­hargaan tersebut. Peng­har­ga­an yang didapat atas ino­vasi Tigo Tungku Sejara­ngan sebagai upaya pengo­batan TB MDR RSUD Dr. Achmad Mochtar Bu­kit­tinggi 2016,” kata Eri.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

Dijelaskannya, peng­hargaan yang didapat itu tidak terlepas dari keber­adaan RSAM Bukittinggi sebagai rumah sakit rujukan TB MDR di Sumbar, khu­susnya Sumbar bagian utara.

TB MDR merupakan penyakit Tuberkulosis Paru yang disebabkan oleh bak­teri tuberkolosis yang sudah kebal terhadap obat-obatan.

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

Munculnya penyakit ter­se­but sebagai akibat dari ketidakpatuhan pasien ter­hadap pengobatan. TB MD­R bisa juga terjadi akibat pengobatan TB yang tidak tepat atau tidak sesuai stan­dar.

Seperti pasien tidak me­mi­num obat dengan teratur atau menghentikan pengo­batan sebelum saatnya. Se­lain itu, bisa juga  akibat petugas kesehatan mem­berikan obat kurang tepat,  seperti paduannya, dosis dan lama pengobatan.

Sebagai upaya pengo­batan TB MDR, RSAM Bukittinggi membentuk po­li khusus untuk pasien TB MDR. Pengobatan dila­ku­kan melalui pendekatan/konsep Tigo Tungku Saja­rangan.

Dalam artian pengo­batan pasien TB MDR dila­ku­kan melalui 3 pilar uta­ma, yaitu tenaga kesehatan, meliputi pengobatan dan perawatan serta pendidikan kesehatan kepada keluarga dan petugas kesehatan di puskesmas.

Kemudian tim rohani, meliputi konseling guna menumbuhkan keyakinan dan kesabaran serta me­ningkatkan pemahaman agama. Dan yang terakhir peran keluarga, meliputi PMO, memberikan du­ku­ngan kepada pasien, peme­nuhan kebutuhan nutrisi pasien dan menemani pa­sien kepelayanan kesehatan setempat.

Inovasi Tigo Tungku Sajarangan RSAM ujar Eri, telah memberikan dampak positif terhadap penatalak­sanaan TB MDR yang Kom­prehensif, dan mem­berikan kemudahan akses serta kenyamanan pelaya­nan sehingga pelayanan TB MDR di RSAM Bukittinggi semakin membaik. Bahkan melalui konsep Tigo Tung­ku Sajarangan sudah ada pasien TB MDR yang di­nya­takan sembuh dari pe­nyakitnya itu.

“Konsep Tigo Tungku Sajarangan  akan dikem­bangkan terus dan direp­likasi di Faskes tingkat pertama/kedua. Disamping itu RSAM juga menjalin kerja sama lintas sektor/program, dalam hal ini pemerintah provinsi, ka­bupaten dan kota, dinas terkait maupun dengan pi­hak swasta,” jelas Eriyanto.

Ia menambahkan, sejak tiga tahun terakhir ini secara berturut-turut Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi juga men­dapat­kan piagam penghargaan propelike peringkat biru dari easil evaluasi penga­wasan kinerja penataan pro­pelike oleh Badan Pengen­dalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Sumbar. (***)

 

Laporan: GATOT

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]