Aie Angek Cottage

Wisata Education & Smart Hotel


Sabtu, 07 Mei 2016 - 02:38:44 WIB
Wisata Education & Smart Hotel

Menampilkan pemandangan indah dengan view Gunung Singgalang, Tandikek dan Merapi, Aie Angek Cottage yang berada di Nagari Aie Angek, Kabupaten Tanah Datar, menyuguhkan wisata alam serta galeri budaya dan seni yang akan membuat wisatawan mendapatkan pengalaman menarik yang tak akan ditemui di tempat wisata lainnya.

Menyuguhkan konsep edukasi dan galeri hotel, Aie Angek Cottage me­miliki fasilitas penunjang seperti galeri budaya dan seni, ruang pertemuan, ko­lam renang, cafe kaki la­ngit, serta area terbuka berupa taman hijau di bela­kang kamar hotel tersebut.

Untuk galeri budaya dan seni, di ruang utama dapat kita temukan ratusan koleksi keris yang menjadi salah satu senjata tradisonal Minang Kabau serta benda-benda bersejarah Minang Kabau lainnya, tak hanya itu, pulu­han patung seni pun tertata indah di rua­ngan tersebut serta barbagai koleksi pe­ninggalan sejarah kuno se­perti Keris luk Sembilan asal Pagaruyung yang dibuat pada abad 18, songket lama dan fosil ker­bau berusia dua juta tahun dan fosil-fosil kayu yang telah menjadi batu juga terpajang di Rumah Bu­daya tersebut

Saat memasuki ruang perpustakaan Aie Angek Cottage yang juga disebut Rumah Budaya Fadli Zon ini, akan terlihat 700 lebih judul buku bersejarah yang bertemakan Minang, serta sejumlah lukisan kuno para pahlawan nasional dan seni­man Indonesia juga tampak indah menggantung di din­ding perpustakaan itu.

Aie Angek Cottage atau disebut Rumah Budaya Fadli Zon ini, diresmikan langsung oleh Fadli Zon, yang saat ini menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indo­nesia periode 2014 – 2019, bersama Taufiq Ismail, dan Irwan Prayitno pada 4 Juni 2011 silam. Dengan kei­nginan Fadli Zon untuk menjadikan Sumatera Ba­rat sebagai “kantong bu­daya”.

Koordinator Perusa­haan Aie Angek Cottage, Ilham mengatakan, wisata alam serta galeri budaya dan seni yang ada di Aie Angek Cottage tidak 100% comer­sil, jadi para pe­ngun­jung yang ingin menikmati pe­mandangan alam dan me­lihat koleksi yang ada Ru­mah Budaya ini dapat ber­kunjung tanpa biaya.

“Untuk para pengun­jung yang ingin menikmati keindahan alam dan me­lihat koleksi yang ada di Aie Angek Cottage, dapat datang langsung tanpa ha­rus mengeluarkan biaya. Dan untuk pengunjung yang ingin menikmati ma­lam dengan menginap di Hotel ini, kami juga menye­diakan tiga tipe kamar hotel yang sangat nyaman yakni, Deluxe Room , Moun­tain View Room, dan Suite Room,” terang Ilham.

Ilham menambahkan, wisatawan yang berkunjung ke Aie Angek Cottage ini dapat menikmati per­pus­takaan hotel dan fasilitas karaoke. Bangunan utama Aie Angek Cottage juga merupakan sebuah mu­seum dengan lebih dari 100 lukisan, dan me­mi­liki pu­sat pend­i­dikan seni.

“Dihiasi lu­kisan karya se­niman lokal, hotel ini menyediakan Wi-Fi gratis dan sebuah kolam renang outdoor. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pegunungan dari balkon pribadi di kamar. Setiap kamar Aie Angek Cottage dilengkapi TV layar datar 26-inci dan minibar. Ka­mar mandi pribadinya juga dilengkapi shower air pa­nas,” jelas Ilham mema­parkan Fasilitas kamar hotel ini.

Selain fasilitas tersebut, Lanjut Ilham, jika pe­ngun­jung ingin menikmati paket wisata alam dengan me­ngun­jungi langsung be­berapa tempat di sekitar Aie Angek Cottage, Pihak­nya juga bersedia mena­warkan paket wisata Trac­king yang akan di pandu oleh para karyawan Aie Angek Cottage untuk me­nu­suri Nagari Aie Angek dan Nagari Singgalang yang masih terkenal dengan keas­rian alamnya. (**)

 

Laporan : APIZ JACKSON




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 30 April 2017 - 15:38:58 WIB

    5 Destinasi Wisata di Berau, Keindahan Yang Tak Boleh Terlewatkan

    5 Destinasi Wisata di Berau, Keindahan Yang Tak Boleh Terlewatkan Mendengar nama Berau, mungkin nggak akan kebayang kalau bakal liburan ke sana. Tapi kalau mendengar kata Pulau Derawan, pasti yang terbayang adalah pasir pantai indah yang bikin betah dan nggak kepengen pulang..
  • Sabtu, 06 Agustus 2016 - 01:20:12 WIB

    Pulau Pamutusan Dan Pasumpahan, Sensasi Wisata Bahari Ranah Minang

    Pulau Pamutusan Dan Pasumpahan, Sensasi Wisata Bahari Ranah Minang Bagi penyuka wisata pantai, mungkin pernah melihat atau mendengar bahkan mengunjungi objek wisata yang saat ini lagi mendunia, yaitu Raja Ampat di Papua. Tapi kali ini, Sumatera Barat juga mempunyai pulau yang tak kalah hebat.
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 01:23:26 WIB

    Objek Wisata Gunung Talamau, Surga Keindahan dari Ketinggian 2.982 Mdpl

    Objek Wisata Gunung Talamau, Surga Keindahan dari Ketinggian 2.982 Mdpl Objek Wisata Gunung Ta­lamau sudah menjadi salah sa­tu destinasi andalan di Ka­bupaten Pasaman Ba­rat (Pasbar), yang men­jan­jikan ‘sur­ga’ keindahan ba­gi pe­­ta pen­daki gu­nung. Terbukti, walaupun sudah ban.
  • Sabtu, 11 Juni 2016 - 01:11:25 WIB
    Cagar Budaya yang Bernilai Spiritual

    Wisata Religi Masjid Asasi Padang Panjang

    Wisata Religi Masjid Asasi Padang Panjang Masjid Asasi Sigando yang juga dikenal dengan Masjid Asasi Nagari Gunung, adalah sebuah masjid yang memiliki sejarah panjang di Kota Padang Panjang. Tak hanya bersejarah, masjid ini juga me­rupakan masjid tertua di kota berj.
  • Sabtu, 14 Mei 2016 - 01:39:41 WIB

    Taman Buah Kandi, Wisata Sejarah yang Sarat Edukasi

    Taman Buah Kandi, Wisata Sejarah yang Sarat Edukasi Biasanya areal bekas penambangan, menjadi daerah yang gersang dan tandus, serta cendrung akan ditinggali oleh masyarakat. Tapi tidak bagi Kota Sawahlunto, semenjak me­netapkan visi kota menjadi Kota wisata Tambang yang berbu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM