Keripik Balado Bundo Kanduang

Pesanan Bisa Antar Alamat


Sabtu, 07 Mei 2016 - 02:41:38 WIB
Pesanan Bisa Antar Alamat

Keripik balado bukan makanan yang asing lagi bagi masyarakat Sumbar, juga bagi para tamu yang berkunjung ke daerah ini. Keripik balado sudah menjadi ciri khas yang ditawarkan kepada para tamu atau keluarga yang datang berkunjung.

Sebab tak lengkap ra­sanya, jika datang ke Sumbar, tetapi tak mencicipi keripik balado, apa­lagi tidak mem­bawa ole-ole kripik ba­lado.

Baca Juga : Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai Piring Pecah

Karena itu, peluang bisnis penyediaan ole-ole khas Ranah Minang ini selalu terbuka lebar. Tak hanya keripik balado, juga ada angko lapan, kripik kentang, kue stik ubi ungu, hingga rendang Padang. Apalagi  para tamu atau sanak saudara yang ingin mem­beli penganan ke­ripik balado dan lainnya itu, tak per­nah ragu untuk mem­belanjakan uang­nya.

Hal itu pula agak­nya yang di­tang­kap Devi Su­santi. Dengan dukungan penuh sang suami, Devi memulai usahanya sejak 1 tahun lalu di bawah bendera Toko Keripik Balado Bundo Kanduang, di Jalan S Parman No.228, Padang.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

“Saya tertarik membuka usaha ini karena terkesima dengan pernyataan teman saya ketika berkunjung ke Padang. Dia membelanjakan uangnya Rp2,5 juta hanya untuk membeli ole-oleh khas Ranah Minang ini. Temen saya itu bilang, harga yang ditawarkan sangat murah,” katanya.

Artinya, setiap tamu yang datang ke Padang atau ke Sumbar pada umumnya, akan selalu berbelanja ole-ole khas Sumbar. Dan mereka tak segan menghabiskan uangnya membeli ole-ole untuk sanak saudara atau rekan-rekannya. Apalagi, sepertinya Kota Pa­dang tak pernah sepi dengan agenda yang meng­hadirkan banyak orang.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Dikatakan, produk keripik balado buatannya terbuat dari ubi kayu atau sing­kong ber­kua­litas. Diiris panjang tipis-tipis, ada juga yang tipis-tipis bulat, kemudian digoreng dan diolesi racikan saus pedas. Produk dikemas dengan sangat higi­enis.

“Keripik balado ini dike­mas dengan berat 1 kilogram, 500 gram dan 250 gram. Un­tuk keripik berat 250 gram diharga Rp18.000 untuk rasa duren dan Rp17.000 untuk rasa original,” terang Devi yang merupakan alumni SMA 3 Padang ini.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

Begitu juga jenis penganan lainnya, seperti kipang ka­cang, rakik rinuak, pisang sale dan lainnya. Untuk produk dalam kemasan 250 kg, har­ganya hampir sama berkisar Rp15.000 hingga Rp18.000. Setidaknya terdapat 150 ma­cam item penganan di to­konya yang dipasok para UMKM di daerah ini.

Meski terbilang pen­da­tang baru dalam bisnis ini, namun pelanggan Keripik Balado Bundo Kanduang sudah banyak, berasal dari berbagai kalangan. Sejak buka pukul 09.00 WIB hingga tutup pukul 21.00 WIB, para pelanggan berdatangan silih berganti. Hal ini tak terlepas dari cita rasa keripik dan aneka penganan khas Ranah Minang lainnya yang ditawarkannya.

Pesanan Antar Alamat

Pemasaran produk tentu menjadi perhatian penting dalam perkembangan bisnis. Apalagi produsen produk serupa sudah lebih dulu me­ramaikan pasar dan sudah dikenal luas masyarakat. Itu pula yang dirasakan Devi, yang sehari-hari merupakan staf pengajar di Fakultas Ke­dokteran Gigi Universitas Baiturrahmah Padang ini.

Dia menyiasati dengan memasarkan produknya se­cara langsung, diantaranya menjalin kerjasama dengan sejumlah hotel di Kota Pa­dang, seperti Hotel Ion, Hotel Daima dan Hotel Prima. Para tamu hotel bisa memesan kripik dan penga­nan lainnya lewat telepon.

Petugas di toko akan men­catat pesanan tersebut, mi­nimal total pembelian Rp­150.­000. Kemudian pesanan akan diantar ke hotel tempat pembeli menginap. Bisa juga pesanan di antar ke rumah, tetapi jaraknya paling jauh ke Lubuk Buaya atau Teluk Ba­yur.

“Cara ini cukup ampuh. Apalagi, berbelanja ole-ole itu biasanya di waktu mepet je­lang keberangkatan kembali ke kampung halaman masing-masing. Mereka tentu harus buru-buru. Maka dengan pe­mesanan lewat telepon dan diantar ke alamat, sangat memudahkan mereka,” ka­tanya tersenyum. (h/*)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 10:52:56 WIB

    Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai Piring Pecah

    Misteri Rumah Gadang di Bendang, Bunyi Tongkat Menghentak sampai  Piring Pecah Misteri rumah gadang (rumah adat Minangkabau) di Bendang, Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) yang selesai pembangunannya dalam satu malam. Kisah ini menjadi cerita turun-temurun oleh masyarakat.
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]