Yal Yudian Dedikasikan Diri Lahirkan Atlet Andal


Sabtu, 07 Mei 2016 - 02:42:29 WIB
Yal Yudian Dedikasikan Diri Lahirkan Atlet Andal

Yal Yudian seorang pemuda yang lahir di Jorong Ranah Sigading, Nagari Padang Laweh tepatnya pada tanggal 2 Agustus 1985 merupakan seorang pemuda yang mendedikasikan dirinya untuk membina dan melahirkan atlet-atlet senam muda andal dari Sijunjung.

Tanpa  berharap banyak bantuan dari Pemerintah Daerah, Yal Yudian tetap semangat menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk mengorbitkan atlet ber­ba­kat. Bahkan dengan fasilitas dan peralatan seadanya, dia tidak pa­tah se­ma­ngat dalam me­latih dan mendidik anak-anak usia dini un­tuk dija­dikan atlet yang meng­­ha­rum­kan na­ma Ka­bu­pa­ten Si­junjung di Sum­­bar bahkan na­sio­­nal.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Pada awalnya Yal Yudian tidak lang­sung men­jadi pelatih, namun dirinya beranjak dari seorang atlet, dimana pada 2006 lalu diri­nya didaftarkan sebagai sa­lah satu at­let  se­nam untuk Porprov Sum­bar. Berkat kegigihannya, tahun 2007, saat awal Por­prov diadakan, Yal Yudian berhasil menyabet juara dua. Sejak itu, dia dipanggil ke Kota Padang untuk me­ngi­kuti latihan dan mening­katkan prestasi di iven-iven yang lebih tinggi.

Pada tahun 2009, Yal Yudian pun kembali diper­caya Pengprov Persani Sum­bar untuk mengikuti pela­tihan sebagai wasit tingkat nasional. “Berkat keper­cayaan semua pihak, meski tidak semuanya berhasil sesuai harapan, namun saya telah dinilai berbakat mela­tih dan membina atlet se­nam, semua itu tidak lepas dari kepercayaan Pengprov Persani Sumbar yang pada saat itu banyak memberikan motivasi kepada saya teru­tama di dunia olah raga senam,”ungkapnya.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

 Sekarang, olah raga senam termasuk olah raga penyumbang prestasi bagi Kabupaten Sijunjung. Yal mendirikan klub senam pada tahun 2007, de­ngan nama Gym­nas­tic Sijunjung. Klub tersebut didiri­kan­nya disaat ke­pe­ngu­rusan senam Ka­bu­pa­ten Sijunjung se­dang va­kum alias mati suri. Dengan bekal pengalaman, dirinya berinisiatif untuk tetap meng­hidupkan olah raga se­nam di Kabupaten Sijun­jung. Dengan keteku­nan, keyakinan serta ke­ikhlasan, dirinya melatih calon atlet  dengan kondisi sarana dan prasarana apa adanya.

 ”Saya tidak memungut biaya, biayanya hanya ke­inginan dan keikhlasan un­tuk latihan, dalam melatih atlet, saya tidak terlalu ba­nyak berharap bantuan dari manapun meski sangat mem­butuhkan, karena ha­ra­pan-harapan tersebut bisa mengganggu pikiran saya dalam melatih,”sebutnya.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

 Disebutkannya, untuk beberapa kali latihan, bebe­rapa matras dari pemerintah memang dimanfaatkannya untuk menjaga anak-anak dari cedera. Bahkan demi berhasilnya sebuah cita-cita untuk mengorbitkan atlet berbakat, dirinya juga telah ikhlas mewakafkan sebi­dang tanah milik keluar­ganya untuk dijadikan tem­pat latihan.”Tempat itu saya buat bersama wali murid dengan cara bergotong ro­yong dan saya berharap pembinaan olah raga senam lebih dari yang sebelumnya, karena menurut saya yang dikatakan berprestasi itu adalah harus bisa mencetak prestasi, meski harus ber­korban dalam banyak hal,” ujarnya.

Dimasa Bupati Sijun­jung masih Darius Apan, dirinya pernah berjanji akan membuktikan bahwa diri­nya akan mencetak atlet-atlet senam Sijunjung yang berprestasi. “Sudah delapan tahun klub ini berdiri, be­lum puas rasanya dengan prestasi yang telah diraih. Tapi alhamdulillah dengan keterbatasan ini saya bisa membesarkan nama klub senam ini, bahkan sambil kuliah di Universitas Eka Sakti (UNES) Padang saya tetap melakukan pem­bina­an,”tuturnya. (h/ogi)

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]