Penemuan Terowongan Baru Picu Adu Tembakan Israel - Hamas


Sabtu, 07 Mei 2016 - 06:31:33 WIB
Penemuan Terowongan Baru Picu Adu Tembakan Israel - Hamas

GAZA, HALUAN — Militer Israel mengklaim telah me­nemukan sebuah terowongan baru yang membentang se­panjang sisi selatan Jalur Gaza menuju Israel. Mereka yakin terowongan tersebut dibangun oleh kelompok militan Hamas untuk melakukan serangan ke Israel.

Sementara itu, militan di Jalur Gaza menembak mortar beberapa kali ke arah Israel. Hal itu memicu serangan balasan dari pihak Israel de­ngan target kelompok Hamas. Konflik antara Gaza dan Is­rael dalam beberapa hari terakhir merupakan yang ter­buruk sejak keduanya ber­konflik selama 50 hari pada 2014.

Baca Juga : Waw, Warga Amerika Bakal Dapat Bansos Senilai Rp 20 Juta

Terowongan yang dite­mukan itu berada pada ke­dalaman 29 meter. Namun, mereka belum yakin apakah terowongan tersebut baru dibangun atau terowongan lama yang pernah dihan­cur­kan sebelumnya. Juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner, mengatakan Hamas menggunakan tero­wongan itu untuk mengi­rim­kan anggotanya ke Israel.

“Adalah tugas kami untuk menemukan dan meng­hancur­kannya. Hamas terus berusaha membangun infrastruktur se­perti ini menuju Israel dan itu merupakan sesuatu yang tidak kami tolerir,” kata Lerner, seperti dimuat Jumat (6/5).

Baca Juga : Korsel-AS Latihan Militer Gabungan, Korut 'Ngamuk' Lagi?

Tak lama setelah militer Israel mengumumkan pene­muan terowongan tersebut, sejumlah mortar ditembakkan sepanjang pagar perbatasan Jalur Gaza. Tank-tank milik Israel membalas tembakan mortar tersebut. Selama be­berapa jam, keduanya saling berbalas tembakan.

Penduduk Jalur Gaza me­laporkan jet tempur Israel sempat menembaki sebuah area terbuka yang digunakan sebagai pos pengamatan oleh militan Hamas dan Gerakan Jihad Palestina (PIJ). Ber­untung, tidak ada laporan korban jiwa dalam adu tem­bakan tersebut. (h/oke)

Baca Juga : Siap-siap 14-15 Maret! WHO Bakal Umumkan Asal-usul COVID-19

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 14:22:28 WIB

    Waw, Warga Amerika Bakal Dapat Bansos Senilai Rp 20 Juta

    Waw, Warga Amerika Bakal Dapat Bansos Senilai Rp 20 Juta Senat Amerika Serikat menyetujui usulan stimulus Covid-19 senilai USS 1,9 triliun atau Rp 27.358 triliun (kurs Rp 14.399) yang diajukan pemerintahan Joe Biden. Ini adalah salah satu anggaran bantuan pemerintah terbesar dalam .
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 13:38:06 WIB

    Korsel-AS Latihan Militer Gabungan, Korut 'Ngamuk' Lagi?

    Korsel-AS Latihan Militer Gabungan, Korut 'Ngamuk' Lagi? Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) bakal melakukan latihan militer tahunan gabungan yang dimulai Senin (8/3/2021). Namun, kegiatan kali ini dilakukan dengan lingkup latihan yang lebih kecil akibat pandemi Covid-1.
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 09:33:43 WIB

    Siap-siap 14-15 Maret! WHO Bakal Umumkan Asal-usul COVID-19

    Siap-siap 14-15 Maret! WHO Bakal Umumkan Asal-usul COVID-19 Tim ahli dari organisasi kesehatan dunia WHO telah menyelesaikan investigasi di Wuhan untuk mengungkap asal usul virus Corona COVID-19. Hasilnya akan dipublikasikan dalam waktu dekat..
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 08:52:35 WIB

    Cair Bulan Ini, Presiden Joe Biden Bagi-bagi 'BLT'

    Cair Bulan Ini, Presiden Joe Biden Bagi-bagi 'BLT' Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden merespons positif positif langkah Senat menyetujui paket stimulus penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi senilai US$ 1,9 triliun (setara Rp 27.335 triliun dengan kurs Rp 14.386/US$),.
  • Ahad, 07 Maret 2021 - 08:10:33 WIB

    Astaga! China Retas 30 Ribu Akun AS

    Astaga! China Retas 30 Ribu Akun AS China telah meretas sedikitnya 30 ribu organisasi Amerika Serikat (AS) termasuk pemerintah lokal dalam beberapa hari terakhir. Menurut seorang spesialis keamanan komputer, peretasan itu merupakan kampanye spionase dunia maya .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]