Enam Nama Dipastikan Lolos Verifikasi

Munaslub Golkar Telan Rp45 Miliar


Sabtu, 07 Mei 2016 - 06:36:58 WIB
Munaslub Golkar Telan Rp45 Miliar

JAKARTA, HALUAN — Ketua Panitia Pengarah Munaslub Partai Golkar Rambe Kamaruzamman mengatakan, hingga saat ini ia mengakui bahwa kebutuhan untuk terselenggaranya munas memakan banyak biaya. Rambe mengatakan, setidaknya panitia membutuhkan Rp45 miliar untuk terselenggaranya munas.

Rambe mengatakan, kare­na itu, penyetoran uang dari caketum tersebut dirasa pen­ting. Ia memang sempat mem­bantah bahwa uang pen­daf­taran itu disebut transaksional. Ia mengatakan hal tersebut merupakan sumbangan dari calon agar munas bisa ter­selenggara.

Baca Juga : Kabar Duka: Baru Sepekan Dilantik, Bupati OKU Kuryana Aziz Meninggal Dunia

“Perdebatan cukup pan­jang. Ini kan eng­gak m­e­langgar undang undang. Ini kan kebutuhan munas ba­nyak. Kampanye di be­berapa wilayah, ya, kita se­pakat bahwa sumbangan ini eng­gak me­langgar KPK,”  ujar Rambe, di kantor DPP Partai Golkar, Jumat (6/5).

Ia mengatakan, sampai saat ini dari delapan calon yang mendaftarkan diri men­jadi caketum masih ada dua nama yang belum me­nye­rahkan uang sumbangan. Dua nama tersebut yakni Syahril Limpo dan Indra Bambang Sutoyo. Keduanya sempat bersikukuh untuk tidak mem­bayar uang sumbangan.

Baca Juga : Guru Agama Honorer Ancam Mogok Mengajar Secara Nasional, Ini Penyebabnya

Karena belum adanya penyerahan sumbangan dari dua nama tersebut, ke­dua­nya belum diloloskan da­lam tahap verifikasi oleh pa­nitia. Keduanya diminta un­tuk memberikan sum­bangan uang dulu hingga batas waktu pengambilan nomor urut.

Panitia Penyelenggara Munas Luar Biasa Partai Golkar menetapkan enam nama yang lolos tahap ve­rifikasi Calon Ketua Umum Golkar. Dua nama lagi yang belum lolos diberikan ke­sempatan oleh pihak panitia untuk memenuhi syarat yang kurang hingga hari ini, Sabtu (7/5).

Baca Juga : Antisipasi Varian Virus Corona Baru, Ini Pesan Penting Kapolri

Ketua Panitia SC Mu­naslub, Nurdin Chalid me­ngatakan, enam nama ter­sebut antara lain Ade Ko­ma­rudin, Airlangga, Aziz Syam­y­udin, Mahyudin, Pri­yo Bu­di San­toso, dan Setya Novanto.

“Enam bakal calon su­dah dinyatakan lolos secara admi­nistrasi dan bisa me­ngikuti tahapan selanjutnya. Besok pengambilan nomor urut, sosialisasi dan debat. Tapi harus digaris bawahi, sepanjang proses menuju munaslub tidak ada pelang­garan kode etik,” kata Nur­din di Kantor DPP Partai Golkar, Jumat (6/5).

Baca Juga : KKP Jamin Kemudahan Usaha Perikanan Tangkap

Dua nama lainnya yang sempat menyerahkan per­syaratan untuk mendaftar menjadi Caketum adalah Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo be­lum diloloskan oleh panitia da­lam tahap verifikasi. Na­mun, keduanya diberikan kesem­patan sampai Sabtu (7/5) pukul 12 siang untuk melen­g­kapi berkas persyaratan.

“Apabila sampai jam 12 tidak ada respon, maka rapat pleno SC memutuskan dua nama itu mengundurkan diri,” ujar Nurdin. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]