Belasan Rumah Rusak

Limbubu Terjang Jorong Ampalu


Sabtu, 07 Mei 2016 - 06:46:46 WIB
Limbubu Terjang Jorong Ampalu Ilustrasi.

BATUSANGKAR,HALUAN — Bencana angin Putingbeliung melanda wilayah Jorong Ampalu Gadang, Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar pada Kamis (5/5).

Angin kencang ini mem­porak porandakan sebanyak 19 unit rumah warga. Un­tung, tidak ada korban ny­awa dari bencana ini.

Baca Juga : Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Mencapai 94,04 %

Keganasan tiupan angin yang juga dikenal sebagai Limbubu itu terjadi secara ti­ba-tiba.Warga Jorong Am­palu Gadang yang tengah melaksanakan aktifitas se­ha­ri-harinya menjadi sangat terkejut, secara tiba-tiba pada hari Kamis sekitar pukul 15.30, angin bertiup cukup kencang.

Wali Nagari Gurun Afri­wal di lokasi bencana tersebut Jum’at (6/5) kemarin me­nyebutkan hingga Jumat siang,  aliran listrik yang terputus sudah berhasil di­sambung kembali oleh pe­tugas PLN Batusangkar, ka­rena sebuah tiang beton PLN sempat putus disapu puting beliung.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Kasus

Sementara kepala BPBD Ta­nah Datar Mukhlis di lo­kasi bencana kemarin meng­harapkan, agar masyarakat supaya bahu membahu mem­bersihkan material yang ber­serakan akibat bangunan rumah yang disapu angin kencang tersebut.

Dari 19 unit rumah yang terkena sapuan angin puting beliung itu sebanyak 6 unit diantara merupakan ba­ngu­nan rumah gadang yang han­cur berantakan.Ada yang atap­nya terbang bebe­rapa meter, dua rumah me­ngalami din­ding roboh dan atap berse­rakan.

Baca Juga : Besok Dilantik, Gubernur Sumbar Terpilih Mahyeldi Jalani Swab Test di RS Bunda Jakarta

Tidak ada korban jiwa dari musibah angin puting beliung tersebut, namun kerugian harta benda be­rupa rumah, lumbung padi dan bangunan kandang sapi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Bupati Tanah Datar H.Ird­inansyah Tarmizi yang langsung meninjau ke lokasi di Jorong Ampalu Gadang Nagari Gurun tersebut me­nyatakan rasa belasungkawa yang cukup dalam, warga yang rumahnya rusak disapu puting beliung itu di­harapkan tabah menerima cobaan ini.”Pemkab Tanah Da­tar berusaha mem­be­rikan bantuan, agar mala­petaka yang menimpa warga itu dapat teratasi sesegera mungkin”. Harap Bupati H.Irdinansyah Tarmizi ke­pada pemilik rumah yang terkena musibah.

Baca Juga : Pesan Ketua DPRD Sumbar untuk Mahyeldi-Audy, Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Untuk membersihkan material runtuhan rumah yang tersapu angin kencang tersebut, pihak Badang Pe­nang­gulangan Bencana (BPBD) Ka­bupaten Tanah Datar sejak Kamis sore telah menurunkan sejumlah per­sonil relawan membaur d­engan personil Polri, TNI, Tagana dan mayarakat se­tempat.

Selain rumah warga, ke­ganasan angin puting be­liung juga telah menyapu sejumlah bangunan kandang ternak sapi yang ada di lokasi persa­wahan warga, saat ini ma­syarakat berusaha menga­tasinya dengan men­dirikan ba­ngunan memakai terpal plas­tik.

Sebanyak 19 umit ru­mah yang tersapu angin puting beliung itu adalah rumah gadang milik Rosma yang rusak berat tak dapat dihuni lagi, rumash milik Jalisah yang juga bangunan rumah gadang yang kuda-kuda lepas dan lumbung padinya terjungkal.

Rumah milik Nur­mai­lis, atapnya dite­r­bang­kan angin, rumah milik Gus­niwar, atap bersama kudo-kudo lepas, rumah milik Nurmiatis atap rumah dan lumbung padi ter­jung­kal, Kh.Pnduko Tan Basa ru­mahnya mengalami ke­ru­sakan pada atap, Rezi pe­milik rumah gadang yang atapnya beberapa helai ter­lepas, Yendri juga atap ru­mah­nya terlepas beberapa helai, rumah gadang milik Yasmi yang juga atapnya banyakl yang lepas, Edison atap dan kudo-kudo te­r­ban, Yasril atap rumahnya juga banyak yang lepas.

Rumah Gadeang milik Ramli mengalami ke­ru­sakan pada atap dan gon­jong,  Roslaini dan Elda, juga atap rumahnya me­ngalami ter­kelupas akibat sapuan angin ken­cang. Se­mentara Wis­sarni rumah gadang mi­lik­nya me­ngalami dinding ro­boh dan atap diterbangkan angin bebe­rapa helai atap, Nadi dan Fauziah dan Syam­sir atap rumahnya di­ter­bangkan angin beberapa helai. Se­mentara Mawardi lumbung padi yang berdiri di hadapan rumah gadang miliknya juga terjungkal.(h/emz )

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]