Talago Gunung Dinilai Tim Nasinal

KG PKK KB Kes Nasional


Sabtu, 07 Mei 2016 - 06:54:01 WIB
KG PKK KB Kes Nasional Bank Sampah Desa Talago Gunung memanfaatkan lahan pekarangan untuk Tempat pengolahan smapah Terpadu (TPST) Bank Sampah Talago Biru, dalam menunjang terciptanya lingkungan bersih dan sehat. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto dinilai oleh Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK KB Kes tingkat Nasional, mewakili Provinsi Sumatra Barat.

Tim langsung dipimpin oleh oleh Lasmi Widiastuti dari Pokja IV TP PKK Pusat. Beranggotakan Dewi dan Suraji dari Penyehatan Ling­kungan Kementrian Ke­se­hatan RI, tim disambut lang­sung oleh Walikota Sawah­lunto Ali Yusuf di­dam­pingi Wakil Walikota Ismed dan Wakil Ketua DPRD Wel­dison, di Kantor Desa Talago Gunung,  kemarin.

Baca Juga : Wagub Sumbar Ingin Convention Hall Bukit Lampu Padang Jadi Daya Tarik Baru untuk Wisatawan

Walikota dalam sam­butan­nya menyatakan hara­pannya agar kegiatan yang dilakukan pada saat lomba ini tidak hanya dilakukan disaat lomba saja, akan tetapi dilakukan secara ber­ke­sinambungan didalam masyarakat, sehingga warga menjadi aman dan nyamam tinggal di Sawahlunto khu­susnya Desa Talago Gu­nung.

Kegiatan ini lanjutnya diharapkan juga akan se­makin meningkatkan mo­tivasi dan pelaksanaan Ke­satuan Geraka PKK KB Kes di Sawahlunto, pasalnya dengan keberhasilan pelak­sanaan program PKK KB Kes ini, sudah barang tentu akan sangat mendukung terhadap berbagai program pembangunan di Sawah­lunto termasuk di Sumbar.

Baca Juga : Wagub Sumbar Tercengang Ada Lubang Jepang di Areal Parkir Convention Hall Bukit Lampu Padang

Senada dengan itu Ketua TP PKK Sawahlunto Yenni Halil didampingi Ketua TP PKK Desa Talago Gunung Deti Alvi Saputra men­ye­butkan, berbagai terapan aplikasi dari program PKK KB Kes telah terpenuhi didalam kehidupan sehari hari masyarakat setempat, adapun sarana pendukung dalam pelaksanaan ling­kung­an bersih dan sehat di talago Gunung, saat ini telah tersedia tempat pengo­lahan sampah terpadu (TP­ST) bank sampah Talago Biru, yang mampu meng­hasilkan kompos dari hasil sampah organik ma­sya­rakatnya, selain itu juga mmapu menjadi tabungan bagi warganya dari hasil penjualan sampah sapah non organi seperti plastic, botol dan lainnya.

Pe­man­faa­tan lingkungan untuk ditanami sayuran dan ta­naman obat juga menjadi kseharian dari warganya, seluruh rumah telah meiliki jamban sehat dan mem­punyai sarana pembuangan limbah yang memenuhi sa­rat, hampir semua masya­rakat memiliki sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) dirumah tangga, 95 persen warga sudah mewujudkan 10 indikator PHBS dan seluruh rumah ditempeli stiker sebagai rumah bebas asap rokok, serta pemanfaat­an bio gas dari hasil pengo­la­han kotoran sapi yang dimanfaatkan untuk sumber energy memasak warganya.

Baca Juga : Usai Dilantik, Ketua Dekranasda Pesisir Selatan Ikuti Rakernas 2021

Sebelumnya  juga me­berikan sabutan Ketua Ti­m Penilai Lasmi Widia­stuti. Lasmi menilai Desa Talago Gunung mem­puny­ai ke­sem­patan untuk men­jadi terbaik di tingkat na­sio­nal, dan ini akan m­e­nandakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran, se­hingga ke­luarga dapat me­olong diri­nya sendiri da­lam hal ke­sehatan dan ber­peran aktif dalam kegiatan kegiatan kesehatan di ma­syarakat. (h/mg-rki).

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]