Mendagri Sambangi Stand Tanah Datar

Tiap Daerah Kebagian Dana Besar


Sabtu, 07 Mei 2016 - 06:54:59 WIB
Tiap Daerah Kebagian Dana Besar Mendagri, Tjahyo Kumolo.

BATUSANGKAR, HALUAN — Mendagri Tjahyo Kumolo mengunjungi stand Tanah Datar, setelah acara pembukaan pameran Aitis dan pengukuhan pengurus APKASI oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (5/5).

Kunjungan Mendagri ke stand Tanah Datar disambut langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Dar­ma dan beberapa orang Ke­pa­la Dinas Pemkab Tanah Datar.

Baca Juga : Rugi Rp3,4 Miliar, PT Balairung Diragukan Keberlangsungan Operasionalnya

Dalam kesempatan itu Mendagri Tjahyo Kumolo mengapresiasi potensi yang ada di Tanah Datar, teru­tama tekad Pemerintah Ka­bu­paten Tanah Datar yang ingin membangun daerah­nya dengan menawarkan ber­bagai produk dan potensi lainnya kepada investor un­tuk diajak berinvestasi dan bekerjasama dengan Pe­me­rintah Daerah Tanah Datar.

Sementara itu Wabup Zuldafri Darma, secara ter­pisah menyampaikan bahwa keikutsertaan Kabupaten Tanah Datar pada pameran APKASI pada tahun ini mempunyai misi penting dalam membangun dan me­ngem­bangkan potensi da­erah yang ada. “Kita akan berusaha menarik investor sebanyak-banyaknya untuk mau menanamkan mo­dal­nya di Kabupaten Tanah Datar, sehingga nantinya akan dapat membantu Pem­da dalam melakukan per­cepatan pembangunan dan pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Baca Juga : Mahyeldi: Tugas Tim Penggerak PKK Membantu Kesuksesan Bupati/Walikota

Lebih lanjut dikatakan, Pemda Tanah Datar juga berharap melalui para in­ve­s­tor nantinya untuk bisa memaksimalkan potensi daerah yang ada di Ka­bu­paten Tanah Datar dan ten­tunya seiring dengan itu ekonomi masyarakat akan bertambah maju, sesuai dengan visi dan misi Tanah Datar kedepannya untuk mewujudkan masyarakat yang Madani dan se­jah­terah,” ujarnya.

Dana Besar

Baca Juga : BPC HIPMI Kota Solok Puji Sosok Brian yang Memiliki Jaringan Luas

Ketika membuka pame­ran itu,  Wapres  Jusuf Kalla  menyatakan,kebijakan pusat akan memberi porsi dana yang sangat besar pada setiap daerah.  Dikatakan JK, dalam kurun waktu lima hingga 10 tahun, porsi dana untuk daerah tersebut akan terus naik  hingga  sekitar 350 persen.

Untuk itu Wapres  me­min­ta daerah segera mela­kukan percepatan serapan anggaran dengan me­lak­sanakan pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Kemajuan daerah bukan ditunjukkan dengan kantor dan rumah dinas yang megah namun di­tun­juk­kan dengan angka kemis­kinan dan pengangguran yang berkurang serta naik­nya penghasilan daerah. “Sebagai wakil pemerintah di daerah, harapan kami amanah yang telah dibe­ri­kan oleh rakyat kepada Bu­pati/Wakil Bupati dapat dijalankan sebaik-baiknya dengan ditandai naiknya kesejahteraan masyarakat di daerah,” harapnya.

Baca Juga : DPRD Minta Gubernur Sumbar Jatuhkan Sanksi Penggelembungan Harga Hand Sanitizer

JK  juga  menuturkan bahwa bupati/wakil bupati adalah pimpinan pe­me­rint­ah yang paling dekat dengan rakyat dan juga sebagai pelaksana kebijakan pusat dan daerah. “Kemajuan dan kemunduran negara meru­pakan tanggung jawab yang harus diemban oleh para bupati,” ungkap Wapres.

Bupati dan wakil bupati, ingat JK,  merupakan pe­mim­pin rakyat yang harus memperjuangkan suara rak­yat kecil, untuk itu saya harap kepada seluruh ke­pala daerah yang hadir agar dapat mengemban tugas secara baik dan dapat mem­perjuangkan suara rakyat dari bawah dan dapat me­nga­m­bil kebijakan yang me­rak­yat. Semua amanah se­lalu mempunyai hak dan kewajiban untuk itu saya minta kepada bupati dan wakilnya agar dapat me­nunai­kan hak dan ke­wa­ji­ban­nya secara baik. “Anda dipilih oleh rakyat untuk melaksanakan tugas itu. Tujuan bernegara, me­lanjut­kan pemimpin-pemimpin terdahulu untuk me­wujud­kan negara yang adil dan makmur,” ujarnya.

Wapres Jusuf Kalla me­nam­bahkan, bahwa semua daerah maupun negara se­dang menghadapi persaing­an diberbagai bidang, baik itu persaingan antar daerah juga antar negara. Per­saing­an akan menimbulkan tiga hal, semakin baik kualitas­nya, cepat dan murah (bet­ter, faster and chiper). Siapa yang mampu menciptakan ketiga hal itu dialah yang akan keluar sebagai pe­me­nang. Daerah harus mampu mewujudkan hal tersebut dengan memperpendek bi­ro­krasi dan pelayanan pub­lik yang prima,” pungkas­nya. (h/fma)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]