Anggaran Tak Memadai, Pilkada Payakumbuh Terancam Batal


Ahad, 08 Mei 2016 - 17:16:08 WIB
Anggaran Tak Memadai, Pilkada Payakumbuh  Terancam  Batal

PAYAKUMBUH, HALUAN -- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kota Payakumbuh pada Februari 2017 mendatang, terancam batal dilakukan. Pasalnya, penyelenggara dalam pelaksanaan alek pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tersebut tidak memiliki anggaran yang cukup untuk sukseskan Pilkada.

 

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

“Berdasarkan kemampuan keuangan daerah, anggaran Pilkada yang di plot Pemko hanya sebesar Rp5 miliar. Sedangkan  anggaran sesuai hitungan KPU sebesar Rp10,4 miliar,”terang Hetta Mambayu Ketua KPU Payakumbuh pada Minggu (8/5).

 

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

Dijelaskannya, dari anggaran yang disediakan Pemko sebesar Rp5 miliar tersebut, KPU  hanya mampu menyelenggaran separuh dari tahapan Pilkada. “Hitungan KPU sebesar Rp10,4 miliar itu, sudah sesuai dengan kebutuhan Pilkada dan standar biaya yang dikeluarkan. Dengan anggaran Rp5 miliar, KPU hanya bisa menyelesaikan separuh dari tahapan Pilkada,”terangnya lagi.

 

Baca Juga : Deklarasi Tolak KLB, Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Menurutnya, anggaran sebesar Rp 5 miliar itu, sudah memasuki finalisasi pembahasan antara Pemko dan KPU Kota Payakumbuh. Bahkan, tim dari keuangan KPU RI beberapa hari lalu turut berunding ke Payakumbuh terkait pembahasan anggaran Pilkada Payakumbuh 2017 mendatang.

 

Baca Juga : Kunjungan ke BLK Padang, Wagub Audy: Ini Menakjubkan Sekali!

“Sekarang sudah memasuki tahap finalisasi anggaran. Pada 22 Mei mendatang, Naskah Perjanian Hibah Daerah (NPHD) segera ditanda tangani. Kalau anggaran hanya sebesar ini, apa boleh buat,”ucapnya. Hetta berharap  untuk suksesnya Pilkada Payakumbuh 201 7 mendatang, Pemko  setidaknya menganggarkan  sesuai dengan kebutuhan KPU.  (h/ddg)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]