16.329 Pelajar SMP Pekanbaru Ikuti UN


Senin, 09 Mei 2016 - 03:56:39 WIB
16.329 Pelajar SMP Pekanbaru Ikuti UN Ilustrasi.

Pekanbaru, Haluan — Sebanyak 16.329 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan mengikuti Ujian Nasional (UN) akhir pada Senin (9/5).

“Mereka sudah siap se­cara administrasi dan fisik,” ucap Kepala Dinas Pen­didikan Pekanbaru, M Ja­mal di Pekanbaru.

Dia menerangkan, ber­bagai persiapan dilakukan bagi para pelajar dalam menghadapi UN, oleh seko­lah masing-masing termasuk dinas. “Minggu ini para pelajar sudah memasuki minggu tenang mem­per­siapkan mereka bisa tempur Senin,” tutur M Jamal.

Sebut dia, ada beberapa kali try out dari berbagai penyelenggara sudah dilalui anak-anak.

“Soal-soal yang diujikan dibuat oleh sekolah, dinas, dan kalangan,” jelasnya.

Jadi, sambungnya, rata-rata para pelajar sudah me­ngu­asai, tinggal lagi mereka harus menjaga kesehatan diri agar fit saat UN ber­langsung.

Apalagi sebutnya UN tahun ini masih sama sis­temnya dengan tahun sebe­lumnya karena mengguna­kan lembar soal/jawaban kertas.

Jumlah 16.329 pelajar yang akan ikut UN berasal dari sekitar 100 SMP negeri maupun swasta di Pekan­baru. “Sebanyak 40 SMP negeri sisanya swasta,” te­gasnya.

Sebelumnya dibe­rita­kan,  Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan sudah menerima sejumlah lem­baran soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP sederajat yang akan digu­nakan pada Senin (9/5). “Rabu kemaren kami sudah menerima lembar soal UN dari Disdik Provinsi Riau,” ucapnya.

Dia menerangkan, saat ini lembaran soal yang kon­disinya masih dikemas da­lam bentuk koli tersebut  sudah  disimpan di gudang penyimpanan Disdik Pe­kanbaru.

Agar tidak ada yang mengganggu serta de­mi kerahasiaan UN tingkat SMP sederajat ruangan penyimpanan disegel dan dijaga satpam.

“Seperti biasa Disdik miliki gudang penyimpanan yang dijaga ketat oleh satpam,” tuturnya.

Selanjutnya sebut dia pula, proses pengecekan lembaran soal yang sudah diterima akan dilang­sung­kan sehari sebelum penyelenggaraan UN.

“Jadi kami belum tahu pasti berapa koli soal yang datang. Sabtu ini kami akan periksa bersama,” ucapnya.

Ia menambahkan dalam proses pemeriksaan lembar soal UN nanti, pihak Disdik akan melibatkan para kepala sekolah SMP yang ada di Pekanbaru.

“Kami sudah undang semua kepala sekolah yang ada di Pekanbaru, baik swasta maupun negeri. Ingin. memastikan jumlah soal sesuai jumlah murid dan sekolah yang ada,” tambahnya. (h/hr/ant)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM