Kampanye Hitam Caketum Golkar Tak Efektif


Senin, 09 Mei 2016 - 04:12:22 WIB
Kampanye Hitam Caketum Golkar Tak Efektif Pendukung calon ketua umum Partai Golkar mengangkat poster dukungan ketika pengambilan nomor urut Caketum Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (7/5). Pengambilan nomor urut oleh enam kandidat serta dua perwakilan kandidat itu merupakan rangkaian jelang pemilihan Ketua Umum Golkar periode 2016-2019 yang akan digelar dalam Munaslub Partai Golkar mendatang. (ANTARA)

JAKARTA, HALUAN — Kampanye hitam sangat memungkinkan untuk muncul jelang pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar, yang akan digelar pertengahan Mei 2016 nanti. Namun, baik kampanye hitam maupun kampanye negatif, dinilai tidak akan efektif.

Tokoh Muda Partai Gol­kar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, seluruh peserta munaslub sudah mengetahui rekam jejak dari delapan calon yang maju sebagai cake­tum.

Baca Juga : Hari Ini Tepat Setahun Pandemi Covid-19, IDI Sampaikan Harapan kepada Pemerintah

Jadi, dalam pemilihan ketua umum nanti, mereka sudah memiliki pertim­ba­ngan masing-masing. Terle­bih, waktu setelah penetapan calon sampai pelaksanaan munaslub menyisakan waktu sekitar seminggu. Jadi, me­munculkan kampanye hitam atau kampanye negatif tidak akan efektif.

“Saya kira nanti kam­panye hitam itu dengan waktu seminggu tidak terlalu efek­tif,” ujar Doli, Minggu (8/5).

Baca Juga : Januari-Maret, 657 Bencana Landa Indonesia

Namun, kata Doli, seluruh kader Golkar berharap tidak ada perang kampanye hitam sebelum pemilihan ketua umum Golkar nanti. Menu­rutnya, sebaiknya seluruh kandidat fokus dengan apa yang akan mereka lakukan setelah menjadi orang nomor satu di partai beringin. Kalau­pun ada kampanye hitam dan negatif dari caketum lain pada caketum lainnya, hal itu sa­ngat disayangkan. 

Tapi kalau kampanye nega­tif datangnya murni dari masyarakat tanpa dimotori oleh salah satu caketum sah-sah saja dilakukan. Justru dengan melihat pendapat dari masyarakat terhadap caketum yang akan berlaga membuat Partai Golkar lebih obyektif dan mendekatkan cita-cita Golkar untuk berkarya pada rakyat.

Baca Juga : HMI Tolak Keras Perpres Investasi Miras

“Apalagi ketua umum kedepan bukan hanya harus baik untuk Golkar, tapi juga untuk publik,” tegas dia.

Kampanye di Medan

Baca Juga : Selain Mobil dan Rumah, Menko Airlangga Siapkan Insentif untuk Hotel hingga Resto

Delapan calon ketua umum (Caketum) Partai Gol­kar melakukan kam­pa­nye untuk Zona I yang meli­puti Pulau Sumatera, atau terdiri 10 provinsi yang difa­silitasi DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara dipusatkan di Kota Medan.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut Sodrul Fuad mengatakan, delapan calon ketua umum tersebut akan melakukan kampanye selama dua hari yakni Minggu (8/5) dan Senin (9/5). Menu­rutnya, pembukaan proses kampa­nye tersebut dilaksanakan di salah satu hotel kelas bintang di Jalan Perintis Kemer­dekaan pada Ahad malam.

Delapan calon ketua umum Partai Golkar itu akan hadir yakni Mahyudin, Setya Novanto, Ade Komaruddin, Airlangga Hartarto, Priyo Budi Santoso, Aziz Syamsud­din, Syahrul Yasin Limpo, dan Indra Bambang Utoyo. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]