Long Weekend di Sawahlunto

Objek Wisata Diserbu Pengunjung


Senin, 09 Mei 2016 - 04:56:39 WIB
Objek Wisata Diserbu Pengunjung Ilustrasi.

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sejumlah ka­wa­san wisata dikota Sawahlunto terlihat ramai oleh pengunjung wisata domestik me­man­faat­kan ‘ long Weekend ‘ atau libur panjang 5 hingga 8 Mei 2015.Salah satunya terlihat dari penjualan tiket masuk objek wisata yang dikelola oleh PT Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) terjadi peningkatan yang drastis.

Manager Marketing PT WWS  Ibeng Pamungkas menyebutkan, hingga hari ketiga libur panjang kali ini tiket masuk objek wisata sudah terjual lebih dari 2.500 tiket, sangat ber­ban­ding terbalik dengan pan­ju­al­an hari hari biasanya yang ha­nya mampu menjual 2.000 lembar tiket per-bulannya.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 647 Kasus

“Diperkirakan pe­ning­katan kunjungan akan masih terjadi dan puncaknya hari ini Minggu (8/5).Kita me­nar­getkan selama long wee­kend ini akan terjual tiket sebanyak 5000 lembar ,” ungkapnya.

Menurut Ibeng pe­ngun­jung didominasi oleh wisata­wan asal daerah sekitar se­perti Dharmasraya, Sijun­jung, Solok dan tanah Datar serta beberapa daerah lain diluar provinsi Sumatra Barat seperti Riau, Jambi dan Medan.Adapun ka­wa­san wisata yang dikelola PT WWS diantaranya Wa­ter­boom Muaro Kalaban, Ta­man Satwa Knadi dan Bios­kop 4 Dimensi.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 22 Orang dan Sembuh 30 Kasus

Sementara itu pantauan Haluan dibeberapa objek wsaita lainnya, destinasi wisata seperti Museum Gu­dang Ransum, Museum K­ereta Api, Lubang Mbah Soero, Museum tambang termasuk Puncak Cemara senantiasa dipadati oleh pengunjung.Seperti yang terlihat dikawasan Puncak Cemara dari pagi hingga malam hari terus dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati panorama alam Sawahlunto dengan latar pemandangan kota tua.

Salah seorang pe­ngun­jung dari Kabupaten Dhar­masraya Yoan Wahyudi ya­ng datang bersama keluarga besarnya merasa takjub de­ngan panorama alam yang dimiliki oleh puncak ce­mara itu, selain itu ia juga merasa senang karena untuk mencapai kekawasan ter­sebut tidak memakan waktu dan jarak yang jauh dan bagi pengunjung hanya dikenai biaya parkir yang tidak me­m­beratkan.

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

“Cukup membayar par­kir saja kita bisa sekeluarga menikmati liburan yang sangat berkesan ini, tidak saja panorama tapi ke­leng­kapan wahana bermain anak cukup menjadi hiburan ka­mi sekeluarga ,”ungkapnya kepada Haluan.

Sama halnya dengan Ye­n­dara Yeni wisatawan asal Painan Pesisir Selatan , yang puas dengan keindahan al­am yang disuguhkan di­ka­wasan puncak cemara ini, ia menilai objek wisata puncak cemara ini tidak kalah dari objek panorama wisata lain­nya di Sumatra Barat ter­masuk yang ada di Pai­nan.”Hal yang cukup me­narik dari puncak cemara ini, adanya monument ke­setian yang diidentikan de­ng­an gembok cinta mem­buat puncak cemara me­miliki keunggulan ter­sendiri ,”sebutnya.

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

Namun yang cukup me­n­jadi perhatian bagi pe­nge­m­bangan objek wisata ini kedepannya para pe­ngun­jung berharap agar lokasi parkir untuk lebih ditata lagi, ter­masuk akses jalan masuk menuju puncak ce­mara ka­lau bisa lebih di­perlebar lagi. Saat saat ramai seperti libu­ran lebaran kita cukup ke­su­litan untuk ber­papasan de­ng­an kendaraan yang masuk dan keluar dikarenakan ba­dan jalan yang kurang le­bar ”kata He­n­dri pengunjung dari kota Solok ini.

Selain itu sebut Hendri, pedagang dikawasan itu ha­rus lebih diperbanyak dan ditata lebih menarik serta untuk dikelola agar tidak menjual dagangannya me­lebihi harga yang se­benar­nya dipasaran. (h/mg-rki)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]