Warga Manggopoh Gempar

Petani Tewas Dibacok Tetangga


Senin, 09 Mei 2016 - 05:39:42 WIB
Petani Tewas Dibacok Tetangga TERSANGKA SP yang membacok tetangganya sendiri ketika diamankan polisi, Minggu (8/5).

AGAM, HALUAN—Seorang warga Jorong Padang Tongga Kenagarian Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, tewas mengenaskan, setelah dibacok tetangga sendiri, Minggu (8/5) sekitar pukul 06.00 WIB. Setelah kejadian pelaku langsung diamankan di Mako Polres Agam. Kasus ini menggemparkan warga sekitar.

Sahur, lelaki berusia 70 tahun, tewas bersimbah darah, di tangan Supirman (35). Nyawa Sahur tidak tertolong karena terlalu banyak mengeluarkan darah. Kejadian pada pagi buta tersebut sangat cepat, serta tidak diduga sama sekali. Luka yang diderita korban sangat parah sehingga ia meninggal di tempat kejadian.

Baca Juga : BPD HIPMI Gelar Musda ke-13 Pertengahan Maret, Gubernur Sumbar Bakal Diundang

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, Sahur bersuku Mandailing yang sehari-hari beraktivitas bertani, cekcok dengan ibu tersangka yaitu Ida. Kejadian itu berujung pemba­cokan dengan senjata tajam ter­hadap korban. Warga yang me­nge­tahui kejadian tersebut lang­sung melaporkan kepada pihak kepolisian.

Bacokan parang tersangka tepat mengenai bahu korban hingga nyaris putus. Selain itu parang juga mengenai bagian leher korban. Bacokan tersebut diduga dilakukan berulang-ulang sehingga meninggalkan bekas lukayang sangat dalam.

Baca Juga : Pedagang: Omset Turun Karena Pelaksanaan Vaksin di Blok III Pasar Raya

Saksi Nuraya, 51 mengaku, pada pagi itu ia mendengar kor­ban bertengkar dengan orang tua tersangka . Tidak terima orang tuanya dimaki kemudian Supir­man kalap mengejar korban dengan senjata tajam yang dipu­kul­kan beberapa kali arah korban hingga tewas.

Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono, melalui Kasat Reskirm Polres Agam, AKP Syafrizen mengatakan, saat ini tersangka serta barang bukti telah diamankan di Polres Agam. Pihak kepolisian masih melaku­kan pendalaman terkait motif pembunuhan yang dilakukan tersangka. Pembunuhan terhadap korban berinisial SH warga Padang Tongga Jorong Padang Tongga Nagari Manggopoh, dila­kukan oleh anak tetangganya berinisial SP.

Baca Juga : Vaksinasi di Pasar Raya Padang, Sejumlah Pedagang Tidak Mau Disuntik

Saat ini anggota sudah mela­kukan olah TKP. Kejadian bera­wal tersangka kesal karena lahan perkebunannya sering masuk hewan ternak milik korban, seperti kerbau. Keberadaan he­wan ternak itu tidak hanya meru­sak pagar juga hampir semua tanaman di perkebunan milik tersangka. 

Akibat kerusakan itu, ibu tersangka Ida menemui korban dan meminta ganti rugi. Namun dari pertemuan keduanya bukan­nya mendapatkan jalan keluar, justru terlibat pertengkaran.  

Baca Juga : Terkait Kemunculan Buaya di Agam, BKSDA Pasang Spanduk Peringatan

Setelah kejadian, jenazah korban dibawa RSUD Lubuk Basung untuk visum. Diduga pertengkaran kedua keluarga tersebut sudah berlangsung sebe­lum kejadian tersebut, sehingga Minggu pagi itu merupakan pun­caknya.

Saat ini pihak kepolisian terus mengalami pendalaman, terma­suk bagaimana dengan kondisi tersangka. Namun sejauh ini tersangka dalam keadaan normal serta tidak ada tanda-tanda dalam gangguan jiwa. Sebab dari cara yang bersagkutan menjawab per­ta­nyaan cukup baik.

Ia menambahkan, peristiwa ini merupakan kasus pembu­nuhan pertama pada tahun 2016 di wilayah hukum Polres Agam. Akibat perbuatannya, tersangka diancam dengan pasal 338 dan 351 ayat  KUHP tentang pem­bu­nu­han, ancaman hukuman penjara 15 tahun. (h/yat)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]