Ombudsman Ingatkan Pengawas

6 SMP di Sumbar Gelar UNBK


Senin, 09 Mei 2016 - 05:40:42 WIB
6 SMP di Sumbar Gelar UNBK Ilustrasi.

Enam SMP di Sumbar siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ombudsman minta pengawas menyisir sejumlah tempat yang berpotensi untuk terjadinya peredaran kunci jawaban soal.

PADANG, HALUAN — Hari ini, Senin (9/5) sebanyak 97.175 siswa SMP/MTs/Pa­ket B melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara seren­tak di Sumbar. Untuk UN paket B dilaksanakan setelah usai UN SMP/MTs dilak­sana­kan yakni pukul 13.30 WIB.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

Sekretaris UN Sumbar Irman mengatakan, semua persiapan sudah dilakukan mulai dari penetapan tim penyelenggara UN, tim penga­was hingga distribusi soal sudah dimulai sejak tanggal 1 Mei 2016 yang langsung diki­rim ke Kabupaten Kepulauan Men­tawai. Sementara itu, untuk pendistribusian di tingkat kota juga sudah dilaksanakan pada tanggal 4 Mei lalu, dan distribusi ke kabupaten pada 5 Mei ke­marin.

“Kita memang menda­hulu­kan Mentawai, karena mengingat kondisi geografis dan cuacanya yang tidak bisa diprediksi. Ditam­bah lagi medannya cukup sulit untuk dilalui, makanya didahu­lukan,” ujarnya, Minggu (8/5).

Baca Juga : Demam Tanaman Hias di Padang Terus Meluas

Dari informasi yang dihim­punnya, semua soal sudah sampai ke masing-masing kabupaten kota, dan sudah disimpan di gudang dinas yang ada di daerah. Untuk keamanannya, pihak dinas juga melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak ke­polisian setempat.

Dari jumlah peserta UN 97.175  orang terdiri dari 67.957 siswa SMP dari 764 sekolah, sedangkan peserta dari Mts ber­jumlah 26.124 orang dari 394 sekolah, dan yang mengikuti UN paket B sebanyak 3.094 orang. UN paket B dimulai pada pukul 13.30 hingga pukul 17.00 WIB yang terdiri dari 92 PKBM penye­lenggara di Sumbar.

Baca Juga : Terancam Abrasi, Masjid Al-Hakim Padang Dipasang Batu Pemecah Ombak

Terpisah,  Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius menyatakan kesiapan Kota Pa­dang untuk melaksanakan UN, dan termasuk sejumlah persiapan juga sudah dilakukan. Untuk peserta UN SMP/MTs sebanyak 14.941 siswa dari 99 sekolah penyelengara dan tiga sekolah pelaksana dengan total sekolah yang melaksanakan UN 103 sekolah yang ada di Padang.

Alhamdulillah semua per­siapan sudah dilakukan, dan semua soal juga sudah kami distribusikan ke masing-masing sekolah. Nanti, saya dan Kepala Dinas juga akan melakukan pe­nin­jauan ke beberapa sekolah,” ujarnya.

Baca Juga : Sebanyak 5000 Orang di Kota Padang Telah Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

Sebelumnya, Kepala Om­budsman perwakilan Sumbar Yunafri mengimbau seluruh pihak pengawas dan pihak yang terkait dengan penyelenggara Ujian Nasional (UN) SMP agar menyisir sejumlah tempat yang berpotensi untuk terjadinya pere­daran kunci jawaban soal yang belum tentu kebenarannya.

Yunafri juga mengatakan, belajar dari pengalaman UN SMA beberapa waktu lalu dari hasil tinjauan di lapangan ter­dapat sejumlah tempat yang menjadi peredaran kunci jawaban soal UN yang belum dapat dipas­tikan kebenarannya. Menurut­nya, hal tersebut sangat merugi­kan bagi siswa karena banyak dampak negatif yang ditim­bulkan.

“Pukul 06.00 WIB itu sudah ada sejumlah siswa yang ber­kumpul di tempat-tempat ter­tentu seperti tempat fotocopy dan warung-warung. Ngapain mereka pagi-pagi udah pada ngumpul, sementara ujiannya masuk pukul 08.00 WIB. Nah, hal ini perlu dicurigai,” jelasnya.

Ia berharap, pihak terkait melakukan penyisiran ke tem­pat-tempat tersebut, dan terutama untuk pengawas agar melihat dan kalau perlu dikoordinasikan dengan pihak Satpol PP agar melakukan pengamanan di tem­pat-tempat yang berpotensi ter­jadi penyebaran kunci-kunci jawaban yang belum tentu kebe­narannya.

Peserta UNBK Meningkat

Jika dibandingkan dengan tahun lalu jumlah SMP sederajat penyelenggaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sumatera Barat 2016 meningkat. Jumlah tersebut menjadi enam sekolah dari awalnya hanya satu sekolah pada tahun  2015.

“Di tahun 2015 hanya satu sekolah di Padang Panjang yang melaksanakan UNBK. Tahun ini meningkat menjadi enam sekolah masing-masing SMP 2 Padang Panjang, SMP 2 Sawahlunto, SMP 1 Payakumbuh, SMP Islam Rau­dhatul Jannah Payakumbuh, SMP 2 Sungai Pua Agam, dan SMP 1 Tanjung Raya Agam,” tambah Ketua UN Sumbar, Nasmeri.

Ia juga menambahkan, hal itu merupakan sebuah kemajuan. Di aberharap di tahun 2017, akan semakin banyak SMP sederajat pe­nyelenggaran UNBK di Sumbar.

“Secara bertahap, pelaksa­naan UN ke depan akan tetap menggunakan teknologi, karena itu secara bertahap pula sekolah tentu harus mempersiapkan di­ri,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mata pelajaran UN SMP sederajat pada hari pertama Senin (9/5)  besok adalah Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari keempat IPA.

Untuk paket B, pada hari pertama UN yakninya mata pela­jaran Bahasa Indonesia dan PKM, hari kedua matematika dan IPS serta hari ketiga bahasa Inggris dan IPA.

“Kami berharap UN SMP dapat berjalan lancar. Peme­rintah provinsi telah membuat surat edaran ke bupati/wali kota untuk mengawal UN dengan baik. Begitu juga mengambil kebijakan jika ada isu jawaban beredar. Pihak PLN juga telah memas­tikan untuk kelancaran UN de­ngan basis komputer tingkat SMP tidak ada mati listrik,” katanya. 

Terkait  pelaksanaan UNBK di tingkat SMP,  PT PLN akan berusaha agar tidak ada pema­daman selama UNBK berlang­sung. Sehingga pihak sekolah yang menggelar UNBK diminta tidak perlu cemas dengan hal itu.

Kepala Hubungan Masya­rakat (Humas) PT PLN Wilayah Sumbar, Ridwan dihubungi  Ming­gu (8/5) malam mengata­kan, PT PLN mendukung penuh pelaksanaan UN BK di Sumbar. Untuk pelaksanaan di lapangan pihak PT PLN telah menurunkan petugas ke sekolah yang meng­gelar UNBK.

“Kita tidak pernah ada renca­na untuk mematikan listrik pada saat UNBK nanti. Karena kita berusaha agar pasokan listrik tetap lancar selama UN ber­langsung. Kita juga sudah siapkan petugas untuk bersiaga di sekolah yang menggelar UN BK,”katanya.   (h/rin/ows/isr)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]