Perpustakaan Umum Sumbar Berikan Dua Layanan untuk Masyarakat


Senin, 09 Mei 2016 - 16:42:17 WIB
Perpustakaan Umum Sumbar Berikan Dua Layanan untuk  Masyarakat Alwis

PADANG, HALUAN -- Saat ini, Perpustakaan Umum Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dihandle langsung oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Sumbar, melayani para pemustakanya dalam bentuk Layanan Menetap (pemustaka mendekati perpustakaan/di tempat) dan Layanan Perpustakaan Keliling (mendekatkan koleksi/bahan pustaka kepada masyarakat pemustaka).

 

Berkaitan dengan jumlah koleksi yang dilayankan di Perpustakaan Umum Provinsi, yaitu Koleksi Umum (201.191 eksemplar, 48.835 judul), Koleksi Minang Kabausiana sebanyak 6.500 judul dan Koleksi Naskah Kuno sebanyak 315 judul.

Sementara Perpustakaan Keliling hanya melayani Koleksi Umum dengan mengoperasikan enam (6) unit Mobil Pusling yang dimiliki. Lima di antaranya layak operasi ke titik-titik layanan yang diprioritaskan untuk dilayankan (sekolah- sekolah, taman bacaan masyarakat/TBM, lapau-lapau/warung pada daerah pelosok, yang masyarakatanya jauh dan sulit untuk mengunjungi perpustakaan.

 

“Layanan Pusling juga disediakan oleh kabupaten/kota. Pada umumnya seluruh kab/kota memiliki pusling, kecuali Mentawai, seluruhnya berjumlah sebanyak 26 unit,” ujar Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Sumbar Alwis, Senin (9/5).   (h/nov)

 

 

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]