Di Nagari Batang Barus, Pelayanan Administrasi Tak Lebih dari Dua Menit


Senin, 09 Mei 2016 - 23:07:46 WIB
Di Nagari Batang Barus, Pelayanan Administrasi Tak Lebih dari Dua Menit Anggota DPD RI Nofi Candra di dampingi wali nagari batang Barus Syamsul Azwar saksikan pelaksanaan sistem pelayanan cepat dan terpadu menggunakan IT di ruang pelayanan Kantor Wali Nagari Batang Barus, Senin (9/5). (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN—Pelayanan yang cepat, tepat dan proporsional adalah dambaan bagi setiap warga masyarakat yang berurusan ke kantor Wali Nagari. Pemerintah nagari sendiri tentunya akan terus melakukan upaya perbaikan  terhadap sistem pelayanan yang mampu memenuhi ekspektasi masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah nagari Batang Barus kec. Gunung Talang, usai meluncurkan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) beberapa waktu lalu, kini Nagari Batang Barus kembali meluncurkan sistem Pelayanan Administrasi Cepat.  

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

“Kenapa dinamakan pelayanan cepat?  Karena untuk mengurus satu jenis surat saja, dengan sistem dan aplikasi yang ada pada komputer nagari tak akan memakan waktu lebih dari 2 menit. Cukup dengan memasukkan biodata, surat-surat yang dibutuhkan akan langsung keluar dan dicetak. Ini adalah terobosan yang kita lakukan untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat memanfaatkan kemajuan teknologi komputerisasi saat ini,” kata Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar kepada Haluan, Senin (9/5).    

Terkait itu,  anggota DPD RI asal Sumbar Nofi Candra didampingi kabid PKPP (Penguatan kelembagaan dan peningkatan partisipasi masyarakat) Badan Pemberdayaan masyarakat (BPM) Kab. Solok Syefdinon, SE,M.Si yang juga tengah melakukan pendampingan terhadap pelayanan pemerintahan nagari, mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh pemerintah nagari setempat.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

Di samping pelayanan cepat, masyarakat yang berurusan ke kantor wali nagari juga dipandu dengan standar operasional pelayanan (SOP) yang jelas dan transparan. “Ini yang disebut dengan pelayanan prima, masyarakat tak lagi dibingungkan dengan sistem pelayana yang lama dan berbelit-belit. Semuanya telah dipandu dengan jelas,” kata Nofi berharap langkah yang dilakukan oleh pemerintah nagari Batang Barus ini juga menjadi contoh bagi nagari lain di daerah itu. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]