Rangking Provinsi SMAN 1 Sawahlunto Kalah Jumlah Lulusan


Selasa, 10 Mei 2016 - 03:38:27 WIB
Rangking Provinsi SMAN 1 Sawahlunto Kalah Jumlah Lulusan

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kalah dari segi kuantitas lulusan, menghukum SMA Negeri 1 Sawahlunto sulit untuk tampil menjadi yang terdepan, dalam penge­lola­an pendidikan terbaik di Sumatera Barat.

Tampil mewakili ‘Kota Arang’, SMA Negeri 1 Sa­wah­lunto, harus puas berada di posisi ke 17, dari deretan sekolah-sekolah unggulan terbaik di Sumatera Barat, dalam penilaian yang diti­tikberatkan pada jumlah lulusan yang berhasil masuk ke perguruan tinggi.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Diskusikan Persoalan Layanan Komunikasi dan Internet dengan Masyarakat Tandikek Barat

Wajar saja, penilaian pengelolaan pendidikan terbaik di Sumatera Barat itu, dilakukan dengan me­nge­depankan penskoran jumlah lulusan yang masuk perguruan tinggi, yang di­jum­lahkan menurut skor sesuai dengan level pergu­ruan tinggi se Indonesia.

Di level satu misalnya, terdapat Institut Tek­nono­logi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Gajah Mada, yang dinilai dengan skor 4 poin. Se­lanjutnya di level tiga ter­dapat IPB, Unibraw, Undip, UPI Bandung, ITS, dengan skor 3 poin.

Baca Juga : SDG’S Desa Dikupas Leonardy di Tandikek Barat

Sedangkan sisanya, per­guruan tinggi negeri lainnya berada di level dua dengan skor 2 poin. Sementara per­guruan tinggi swasta sendiri berada di level empat de­ngan skor masing-masing 1 poin.

Semakin banyak lulusan sekolah unggulan yang ber­hasil masuk ke perguruan tinggi dengan level satu, akan semakin tinggi bobot skor yang diberikan kepada sekolah unggulan yang di­daulat mewakili setiap dae­rah kabupaten dan kota tersebut.

Baca Juga : Senin Pagi, Bupati Andri Warman Memulai Aktivitas Kedinasan

Sekolah yang kini dipim­pin Sri Sumarni tersebut, pada tahun 2015 lalu, de­ngan 190 lulusan, berhasil masuk perguruan tinggi negeri sebanyak 126 siswa atau 66,32 persen. Se­dang­kan untuk perguruan tinggi swasta sebanyak 17 lulusan atau 8,95 persen.

“Total lulusan sekolah di tahun 2015 yang melan­jutkan pendidikan, baik negeri maupun swasta men­capai 143 siswa atau 75,26 persen,” ungkap Sri Su­marni.

Baca Juga : Kembangkan Sektor Pariwisata, Bupati Andri Warman Lirik Tiga Kawasan Ini

Lulusan SMA Negeri 1 Sawahlunto tahun 2015, juga ada yang berhasil me­nembus perguruan tinggi negeri yang diposisikan di level satu dengan skor 4 poin, yakni 4 lulusan di Universitas Indonesia, dan 3 lulusan di Universitas Gajah Mada.

Sedangkan di perguruan tinggi negeri yang berada di level dua dengan skor 3 poin, terdapat 6 lulusan di Institut Pertanian Bogor, 4 di Unibraw, 1 lulusan di Undip, 2 di UPI Bandung, dan 1 lulusan di ITS.

Dan seratusan lulusan lainnya berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri di level tiga dengan skor 2 poin, serta 17 lulusan di perguruan tinggi swasta di level empat skor 1 poin.

“Dengan sistem pembo­botan level perguruan tinggi dan yang skor poin yang berbeda di setiap level, sebagai wakil Sawahlunto, kami membutuhkan jumlah lulusan yang lebih banyak lagi,” ungkap Sri.

Angka lulusan SMA Ne­geri 1 Sawahlunto yang me­lanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tahun 2015 itu, cenderung meningkat dibandingkan dengan tahun 2014 sebelumnya.

Dimana tahun 2014, jum­lah lulusan SMA Negeri 1 Sawahlunto mencapai 163 orang, 97 atau 59,51 persen diantaranya berhasil masuk perguruan tinggi negeri, sedangkan yang masuk swas­ta 13 orang atau 7,98 persen, dengan total 110 lulusan atau 67,49%.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sawahlunto, Marwan mengatakan, jum­lah lulusan SMA Negeri 1 Sawahlunto kalah banyak dengan jumlah lulusan seko­lah unggulan di kabupaten dan kota lain.

“Jumlah lulusan SMA Negeri 1 Sawahlunto angka­nya masih di bawah dua ratusan. Sedangkan kabu­paten atau kota lain, jumlah lulusan sekolah sudah bera­da di atas tiga ratus,” terang Marwan didampingi Supar, Kepala Bidang Dikmenti.

Jika tolak ukurnya persentase lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi, terang Marwan, SMA Negeri 1 Sawahlunto tentu akan teratas. Namun, tolak ukurnya angka atau jumlah lulusan yang masuk perguruan tinggi, kemudian dikalikan dengan bobot skor di setiap level perguruan tinggi se Indonesia.

Menanggapi posisi SMA Negeri 1 Sawahlunto yang berada di urutan ke 17 da­lam perengkingan sekolah-sekolah unggul di Sumatera Barat, Marwan menga­ta­kan, pihaknya ke depan akan lebih fokus pada persiapan masuk perguruan tinggi bagi lulusan.(h/dil)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]