UN Tingkat SLTP Diikuti 1005 Siswa


Selasa, 10 Mei 2016 - 03:39:25 WIB
UN Tingkat SLTP Diikuti 1005 Siswa Ilustrasi.

SAWAHLUNTO, HALUAN — Ujian Nasional (UN) 2016 Tingkat SLTP Kota Sawahlunto diikuti sebanyak 1.005 siswa SMP danMTS yang ada.Ujian Nasional tersebut berlangsung mulai 9 Mei hingga 12 Mei mendatang.

Adapun Peserta UN itu berasal dari 11 SMP dan 3 MTS, dian­taran­ya SMPN 1, SMPN 2, SM­PN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 SMPN 7, SMPN 8, SMPN 9, SMP Muham­ma­diyah Silungkang dan SMP SDI Silungkang Khusus SMP negeri 9 ujiannya diga­bung dengan SMP negeri 3, karena baru tahun ini ikut UN.Sedangkan tiga Mad­rasah yang ikut UN yakni MTSN Sawahlunto, MTSN Ta­la­wi dan MTS Swasta Lunto.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Kepala Bidang Pendidi­kan menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sawahlunto Supar  kepada Haluan, Senin (9/5) mengata­kan, Pihaknya juga telah menga­wali dengan persiapan dan sosialisasi UN, agar siswa bisa lebih mudah mema­hami bentuk bentuksoal ujian nasional terse­but. Ada 4 mata pelajaran yang  diujikan Untuk ma­ta yakni, bahasa Indonesia, matematika, Ilmu pe­nge­tahuan Alam (IPA) dan Bahasa Inggris.

“Dari semua tingkatan SMP dan MTS yang meng­ikuti ujian nasional tahun ini, ada satu sekolah yang akan melaksanakan UN secara online atau Ujian Nasional Berbasis Kom­puter (UNBK) yakni SMPN 2 Sawahlunto. yang persi­apannya Dispora bersama sekolah terkait telah meng­upayakan kelengkapan per­a­latan yang akan digunakan untuk UNBK

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

diantaranya, melengkapi unit unit komputer, me­nyediakan server, termasuk mengadakan generator set­ting (genset) cadangan jika terjadi pemadaman listrik,” katanya.

Supar menambah­kan, tahun ini SMPN 2 ditunjuk sebagai pilot projek UNBK di Sawahlunto, sedang­kan ditahun 2017 nanti pihak­nya menargetkan 50 per­sen SLTP dan SLTA dikota ini akan melaksa­nakan ujian nasional ber­basis komputer.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Untuk merealisasikan target tersebut pihak Dis­dikpora menyerahkan kepa­da sekolah masing masing untuk kesanggupannya, dan terus melakukan berbagai upaya untuk melengkapi kelengkapan dari persya­ratan dalam melaksanakan UNBK itu sendiri, di anta­ranya unit-unit komputer beserta servernya, selain itu sekolah juga wajib menye­diakan generator setting (genset), termasuk koor­dinasi dengan pihak lainnya seperti PLN dan Telkom untuk kelancaran pelaksa­naannya. (h/mg-rki)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]