Jika Terancam, Korut Gunakan Nuklir


Selasa, 10 Mei 2016 - 03:59:27 WIB
Jika Terancam, Korut Gunakan Nuklir Ilustrasi.

PYONGYANG, HALUAN — Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengatakan senjata nuklir tidak akan digunakan kecuali jika ke­dau­latan negaranya teran­cam. Pernyataan Kim Jong-Un ini mengemuka pada saat gelaran Kongres Partai Buruh di Pyongyang, seba­gaimana dilaporkan kantor berita Korut, KCNA.

“Sebagai negara peme­gang senjata nuklir yang ber­tanggung jawab, kita tidak akan menggunakan senjata nuklir selama kedau­latan negara tidak dirong­rong ke­ku­­a­tan bermusuhan agresif yang memiliki nuk­lir,” kata Kim Jong-Un.

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Lebih lanjut, ia pun ber­janji negaranya akan mem­perbaiki dan menormalisasi hubungan dengan negara-negara yang menghormati kedaulatan DPRK (Re­publik Demokratik Rakyat Korea), nama resmi dari negara Korea Utara, dan bersikap bersa­habat, meski mereka dulu pernah ber­sikap bermusuhan.

Kim Jong-Un kemudian merujuk Korea Selatan. Menurutnya, harus ada le­bih banyak perundingan dengan negara tetangganya itu untuk membangun ke­per­cayaan dan pemahaman. Ia menegaskan negaranya akan ‘memenuhi kewajiban dengan patuh untuk non-proliferasi dan berjuang untuk denuklirisasi global’.

Baca Juga : Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

Dibandingkan ancaman yang pernah ia lontarkan baru-baru ini, ucapan ini berbeda 180 derajat, Ko­respon­den BBC di Korut, John Sud­worth, mengatakan Kim Jong-Un cenderung berupaya me­ngirimkan pe­san berbeda.

Pergerakan di pelun­curan nuklir Korut terlihat mirip dengan persiapan uji nuklir lanjutan. (h/inl)

Baca Juga : Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:31:51 WIB

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih Bagi Anda kaum Adam yang ingin memiliki istri lebih dari satu, tak ada salahnya mencoba pindah kewarganegaraan ke Rusia. Sebab, di sana populasi yang tidak seimbang antara perempuan dan laki-laki membuat pemerintahnya mengelu.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:20:38 WIB

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila Belakangan ini seolah tak hentinya Bill Gates melontarkan peringatan tentang bahaya perubahan iklim. Salah satunya terkait kondisi cuaca yang bisa jadi akan semakin ekstrim pada masa-masa mendatang..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 12:46:25 WIB

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar Kepolisian Myanmar kembali melepaskan tembakan untuk membubarkan para demonstran antikudeta yang memadati jalan-jalan di Myanmar pada Minggu (28/2). Seorang pengunjuk rasa dilaporkan tewas tertembak sementara yang lain mengal.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:23:47 WIB

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah 'pusing'. Ini terkait pasokan vakin corona (Covid-19) yang adil ke seluruh dunia..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 14:51:11 WIB

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman pada Kamis (25/2). Dalam percakapan perdana sejak Biden resmi menjadi pemimpin negara adidaya itu, ia menekankan komitmen AS untuk me.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]